DPM-PTSP Koltim Maksimalkan Pendapatan Pajak IMB – Kendari Pos
Kolaka Timur

DPM-PTSP Koltim Maksimalkan Pendapatan Pajak IMB

H. Udin

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah sektor potensial yang dapat menghasilkan pajak dan menambah pundi-pundi pendapatan asli daerah (PAD) kian intens dibidik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim). Salah satu yang terus dimaksimalkan adalah pemasukan dari penerbitan izin mendirikan bangungan (IMB).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Koltim, H. Udin, mengatakan, IMB merupakan kewajiban masyarakat yang ingin mendirikan bangunan miliknya secara permanen. Pengurusan izin itu sendiri sangat mudah, karena pemohon hanya mengisi data secara online sebagai syarat mendapatkan rekomendasi. Pembayaran pajaknya juga melalui bank. “Penarikan IMB setiap tahunnya kita maksimalkan sesuai target yang diberikan. Alhamdulillah tahun 2019, PAD dari IMB sekitar Rp 224 juta atau 74 persen dari target Rp 300 juta,” kata H. Udin, akhir pekan lalu.

Ia menambahkan, tahun ini target PAD dari objek IMB diproyeksi tetap sebesar Rp 300 juta. Udin menegaskan, masyarakat Koltim yang akan mendirikan bangunan harus mengurus IMB, apalagi bagi pelaku usaha. “Sebenarnya banyak warga yang akan mengurus, tetapi karena sebagian besar melanggar aturan sempadan jalan, jadi belum bisa. Selain itu kita harap kesadaraan masyarakat dalam melengkapi legalitas kepemilikan tanah, seperti sertifikat. Setiap saat kami turun sosialisasi untuk memaksimalkan pengurusan IMB ini,” ungkap Udin. (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy