Distannak Sultra Bekali Penyuluh Hadapi Perubahan Iklim – Kendari Pos
Metro Kendari

Distannak Sultra Bekali Penyuluh Hadapi Perubahan Iklim

Plt Kepala Distanak Sultra, Ari Sismanto (kiri) menyalami peserta pelatihan teknis sistem pertanian cerdas iklim kemarin

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya Pemprov Sultra dalam mendongkrak produksi pertanian tidak hanya fokus pada penyaluran bantuan alat mesin pertanian (alsintan), bibit, pencetakan lahan persawahan hingga perbaikan infrastruktur pertanian. Pemprov melalui Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distannak) Sultra terus berusaha meningkatkan kualitas tenaga penyuluh. Pasalnya, mereka menjadi tulang punggung Pemda di lapangan.

Plt Kepala Distanak Sultra, Ari Sismanto mengatakan peran penyuluh lapangan sangat urgen dalam melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap petani. Makanya, kemampuan mereka harus ditingkatkan termasuk dalam menghadapi perubahan iklim. Untuk itulah, Distannak menggelar pelatihan teknis sistem pertanian cerdas iklim.

“Penyuluh harus lebih siap dan memberi pemahaman kepada para petani terhadap perubahan iklim. Upaya ini tak lain agar produksi pertanian tetap bisa dioptimalkan. Peningkatan kapasitas penyuluh harus dilakukan setiap saat. Khususnya dalam pelatihan teknis, agar petani yang mereka bimbing mampu memanfaatkan sumberdaya untuk meningkatkan pendapatan dan taraf hidupnya ,”terangnya.

Pelatihan ini kata dia, bagian dari program Rural Empowerment and Agricultural Development Scalling-up Initiative (READSI). Tujuannya, menyediakan pangan bagi masyarakat, meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan ekspor komoditi tanaman pangan. Untuk mewujudkan tujuan ini, program READSI menjadi salah satu andalan pemerintah. Sebagai program unggulan, READSI harus bisa bersinergi dengan program-program unggulan lain dari Kementerian Pertanian (Kementan).

“Berbeda dengan program-program yang lain, program READSI lebih menekankan tentang pembangunan sumber daya manusia pertanian, melalui pelatihan-pelatihan. Salah satunya dengan pelatihan teknis pertanian cerdas iklim ini. Semoga para penyuluh yang ikut dalam kegiatan ini bisa lebih tanggap lagi dalam segala persoalan lapangan.”tutupnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy