Distanak Sultra Optimis Produksi Padi Meningkat – Kendari Pos
Metro Kendari

Distanak Sultra Optimis Produksi Padi Meningkat

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Posisi Sultra sebagai daerah produsen beras nasional kian diperhitungkan. Sebagai daerah lumbung pangan, Kementerian Pertanian (Kementan) pun menargetkan produksi padi Sultra tahun 2020 ini meningkat 12,1 persen. Untuk mewujudkan hal itu, Pemprov Sultra mulai mengembangkan varietas unggul yakni trisakti.

“Kami sangat optimis peningkatan produksi padi sesuai dengan target Kementan. Apalagi kami mengembangkan varietas padi trisakti. Keunggulan varietas ini akan mendongkrak perekonomian para petani Sultra,” kata Ari Sismanto, Kepala Distanak Sultra kemarin.

Varietas Trisakti ini kata dia, tahan terhadap hama dan penyakit, baik blas maupun wereng yang menjadi momok bagi petani di Sultra. Selain itu, periode panennya singkat, hanya 2,5 bulan dibandingkan varietas lain yang mencapai 4 bulan. Terpenting produksi bisa 3 smpai 4 kali lipat dibanding varietas lain.

“Dengan varietas trisakti yang sudah dikembangkan di Konawe, bahkan tidak tanggung-tanggung produksinya mencapai 11,8 ton per hektar. Sebelumnya jika menggunakan varietas lain hasil produksinya hanya mampu mencapai 4,3 ton per hektar,”ungkapnya.

Makanya, ia optimis produksi beras tahun ini melonjak signifikan. Apalagi untuk biaya produksi jauh lebih rendah, dengan hasil jauh lebih tinggi. “Diharapkan akan sangat mendukung upaya Pemerintah dalam menaikkan taraf hidup petani,”harapnya.

Sebelumnya, Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan kejayaan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia, harus kembali diraih melalui Sultra dibawah kepemimpinannya. Untuk mendukung Sultra sebagai lumbung pangan nasional harus disambut dengan baik dengan kerjasama bentuk komitmen dengan segala pihak. Karena itu ia mengintruksikan Bupati dan Walikota se-Sultra, untuk mulai mengkampanyekan padi Trisakti kepada masyarakat melalui seluruh jajarannya dari tingkat poktan, kepala desa hingga camat.

“Saya akan segera membuat surat instruksi langsung kepada Bupati dan Walikota se-Sultra untuk menindak lanjuti terobosan ini. Sanksi yang tegas sudah saya siapkan bagi siapapun yang akan mengganggu kegiatan ini”, imbuhnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy