Dirjen Binalattas Kemnaker : BLK Kendari Ciptakan SDM Kompeten – Kendari Pos
Metro Kendari

Dirjen Binalattas Kemnaker : BLK Kendari Ciptakan SDM Kompeten

KENDARIPOS.CO.ID — Balai Latihan Kerja (BLK) sejatinya adalah lokomotif mengentaskan individu-individu dari jeratan stigma pengangguran. BLK menempa individu usia produktif dengan beragam keterampilan. Begitu pula BLK Kendari yang memberi angin segar bagi masyarakat. Binaan BLK Kendari kini produktif dan mampu menekan angka pengangguran setelah dibekali beragam keterampilan dalam program pelatihan.

“Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah yang ingin mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang unggul, terampil dan berdaya saing untuk membawa negara Indonesia yang lebih maju,” ujar Bambang Satrio Lelono, Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, Selasa (18/2).

Bambang hadir di BLK Kendari dalam rangka membuka pelatihan berbasis kompetensi tahun 2020, melantik dan peresmian kantor Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) BLK serta meresmikan asrama BLK. “Melalui BLK kita ingin menekan angka pengangguran, dan menciptakan SDM yang memiliki kompetensi dan keahlian bagi pembangunan Sultra,” ungkapnya saat menyampaikan sambutan.

Foto bersama saat acara peresmian asrama BLK Kendari

Pemerintah pusat tak sedang berwacana untuk menciptakan SDM unggul. Buktinya, tahun ini pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp.5,2 triliun untuk pelatihan kerja di seluruh Indonesia. Kemnaker menurut Bambang menargetkan akan melatih sebanyak 227.000 masyarakat dan memberikan sertifikasi sebanyak 31.000 orang. “Besaran anggaran Kemnaker itu sebenarnya sekira Rp.6,9 triliun dan Rp.5,2 triliun diporsikan untuk pelatihan,” kata Bambang.

Kemnaker RI terus berupaya meningkatkan kualitas seluruh BLK di Indonesia termasuk BLK yang ada di Sultra. Langkah peningkatan dilakukan dengan peremajaan alat pelatihan yang sesuai kebutuhan industri. Peremajaan fasilitas gedung belajar untuk melakukan pelatihan juga akan ditingkatkan. “Seperti BLK Kendari ini yang telah kita resmikan. Terdapat sebuah asrama untuk peserta pelatihan. Tentu kita berharap dengan adanya asrama ini, dapat meningkatkan pelayanan bagi masyarakat yang akan mengikuti pelatihan di BLK Kendari,” tegas Bambang.

Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemnaker RI, Bambang Satrio Lelono (kanan) didampingi Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu (kiri) dan Kepala Dinas Transnaker Sultra, Saemu Alwi (dua dari kanan), Selasa (18/2).

Sementara itu, Kepala BLK Kendari, Dr. Laode Haji Polondu menuturkan tahun ini BLK Kendari akan membina sebanyak 1.600masyarakat yang belum bekerja. “Dengan 14 kejuruan yang ada di BLK Kendari ini, tentu akan menjadi kesempatan bagi seluruh masyarakat Sultra untuk mendapatkan keahlian,” tuturnya. BLK Kendari akan melakukan pelatihan di 16 kabupaten di Sultra. Langkah itu sebagai bentuk sinergi BLK

Kendari dengan Pemprov Sultra dan pemerintah kabupaten untuk bersama-sama meningkatkan kompetensi guna menekan angka pengangguran di Sultra. “BLK Kendari berkomitmen menciptakan SDM berkompeten agar bisa diserap di dunia kerja yang sesuai kebutuhan zaman yang ada,” pungkasnya. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy