Dimensi Drainase di Bombana Kecil, Rumah Warga Terendam – Kendari Pos
Bombana

Dimensi Drainase di Bombana Kecil, Rumah Warga Terendam

Dimensi drainase di jalan Yos Sudarso, Kelurahan Doule, Kecamatan Rumbia yang kecil hingga tak dapat menampung debit air saat hujan. Dalam satu jam diguyur hujan, tujuh rumah warga di kawasan ibu kota itu sudah terendam

KENDARIPOS.CO.ID — Kecilnya dimensi drainase di jalan Yos Sudarso, Kelurahan Doule, Kecamatan Rumbia mengakibatkan tak dapat menampung besarnya debit air saat hujan. Biasnya, tujuh rumah warga di kawasan itu terendam. Kondisi tersebut menjadi sorotan pihak DPRD Bombana dan mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) segera mengambil langkah antisipasi.

Anggota DPRD Bombana, Herlin mendesak instansi teknis melakukan pelebaran drainase, mengingat musim hujan masih akan berlangsung lama. “Ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Harus mengambil langkah cepat. Kalau dibiarkan pasti akan parah, apalagi hujan ini cuma sejam saja. Bagaimana kalau lebih lama, pasti akan banyak rumah warga terendam. Ini saja sudah ada tujuh rumah yang kebanjiran,” kritiknya, Senin (17/2).

Menanggapi sorotan tersebut, Kepala BPBD Bombana, Syarifuddin, mengatakan, pihaknya akan melakukan koodinasi dengan pihak Dinas PU, pemerintah Kecamatan dan Kelurahan untuk bersama-sama melalukan antisipasi terjadinya luapan air di Doule.
“Kami akan lakukan pertemuan bersama instansi terkait dan masyarakat. Kenapa untuk pelebaran drainase tersebut, akan digunakan lahan warga,” katanya. Makanya, akan dilakukan mediasi antara masyarakat dan pemerintah daerah untuk segera melakukan tindakan, agar tak lagi terjadi luapan air akibat intensitas hujan tinggi.

“Memang, drainase ini tidak mampu menampung debit air yang besar, sehingga meluap dan membanjiri rumah warga. Namun untuk melakukan tindakan pembangunan, harus ada partisipasi masyarakat, karena lahan mereka akan terkena imbas bila dilakukan pelebaran,” tutupnya.
Camat Rumbia, Amiruddin, yang juga berada di lokasi air meluap tersebut mengatakan telah berkoodinasi dengan pihak Kelurahan. Selasa (18/2) hari ini, diagendakan untuk rapat bersama warga mencari solusi bersama.

“Kalau diperbesar, lahan warga akan ikut terkena imbas pelebaran, olehnya itu kami kumpulkan agar masalah ini bisa diselesaikan bersama. Harapan kami masyarakat segera ambil keputusan, agar masalah ini tidak berlarut-laut,” imbaunya. (b/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy