Dikmudora Kendari Pantau Pelaksanaan Try Out UN SD – Kendari Pos
Edukasi

Dikmudora Kendari Pantau Pelaksanaan Try Out UN SD

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kendari, memantau pelaksanaan try out ujian nasional (UN) pada 122 sekolah dasar (SD). Sejauh ini, pemerintah belum menemukan kendala berarti, dan sebanyak 6.211 siswa telah terdaftar sebagai peserta UN, pada Maret mendatang.

Ketua Panitia UN Kota Kendari, Muchdar Alimin bersama Kepala SD 17 Kendari, saat memantau keadaan ruangan selama try out berlangsung

Kabid Dikdas Dikmudora, Muchdar Alimin mengatakan, selama dua hari yakni Senin dan Selasa (hari ini), akan dilaksanakan try out atau uji coba pada 106 SD negeri dan 16 sekolah swasta, dengan jumlah 6.211 peserta. “Dikbud telah membagi tim untuk memantau seluruh sekolah, termasuk dengan memberdayakan pengawas untuk memantau sekolah binaannya. Sejauh ini tidak ada masalah di beberapa sekolah yang telah dipantau,” terangnya.

Uji coba ini untuk melihat, memantau, memetakan kesiapan siswa menghadapi ujian akhir sekolahsetelah try out. Semua satuan pendidikan akan menganalisa hasil uji coba tersebut, dan akan dilaporkan ke Dikmudora, kemudian ditindaklanjuti satuan pendidikan melalui pengayaan. “Hasil analisa ini menjadi bahan pengayaan, sebelum pelaksanaan ujian akhir sekolah, sehingga apa yang mereka hadapi adalah apa yang memang mereka telah pelajari dan diajarkan oleh guru,” jelas Muchdar.

Pada try out kali ini juga, pihaknya ingin melihat sejauh mana partisipasi siswa dalam try out. “Alhamdulillah semua siswa memang ikut, karena tujuan uji coba ini untuk memetakan kempuan siswa, untuk dilakukan pembenahan berkaitan dengan soal yang tidak dipahami oleh siswa. Kami juga imbau supaya pihak sekolah benar melaksanaka try out seperti ujian akhir sekolah, karena diharapkan ada output berupa analisa butir soal secara keseluruhan, untuk melihat dimana kelemahan siswa,” pungkas Ketua Pantia UN Kota Kendari.

Sementara itu, Kepala SD 17 Kendari, Nursiah menuturkan, sekolahnya ada 48 orang peserta, dan seluruhnya hadir mengikuti uji coba. “Alhamdulillah tidak ada kendala, karena setiap tahun kami sudah biasa. Meskipun ada beberapa perbedaa, namun semua guru juga sudah ditatar oleh Dikmudora, sehingga semuanya benar-benar profesional, tidak ada lagi yang memegang handphone saat mengawas, harus fokus mengawas,” tutup dia.(hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy