Deteksi Gejala Kanker Payudara Sejak Dini – Kendari Pos
Kesehatan

Deteksi Gejala Kanker Payudara Sejak Dini

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kanker payudara kini menjadi momok bagi wanita. Penyakit ini berisiko diderita wanita yang masuk kategori dewasa secara medis. Karena itu, deteksi penyakit ini sejak dini, sehingga peluang sembuh bisa lebih besar.

Kepala Prodi Gizi Poltekes Kendari Dr. Sultan Akbar mengatakan sejak tahun 2018, kata dia, komunitas pink fighter (KPF) yang pengurusnya dari berbagai kalangan bersepakat untuk membantu pemerintah menyosialisasikan bahaya kanker payudara. Mengedukasi masyarakat mengenal lebih dini kanker payudara.

Katanya, kanker payudara menjadi pembunuh nomor satu dibandingkan kanker lain. Pengidapnya secara nasional lebih tinggi dari kanker serviks. Oleh karena itu, komunitas ini mengajak masyarakat mengenal lebih dini agar tak berlarut-larut terhadap penyakit kanker payudara. Sehingga penangananya dilakukan lebih awal, peluang sembuh juga bisa lebih besar.

Selama ini, jumlah pengidap kanker payudara di Sultra yang sempat ditangani dokter di KPF mencapai 90-an orang. Tentunya, ada juga pengidap kanker payudara yang tak ditangani. “Rata-rata pengidap penyakit ini, tidak terbuka. Mereka malu-malu mengakui penyakitnya. Karena itu, kami menyarankan mereka tak malu untuk mengakuinya. Jangan dibiarkan, dikenal lebih dini, ditangani lebih dini. Sehingga besar peluang untuk sembuh,” ujarnya.

Ciri-ciri kanker payudara, kata dia, adanya benjolan di area payudara, ganguan buang air, pembesaran pada tahu lalat, batuk dan luka tak kunjung sembuh. Kalau ada ciri itu, segera melapor ke Puskesmas terdekat. “Lebih bagus lagi, pergi ke klinik, rumah sakit atau dokter ahli yang menangani,” bebernya.

Penyakit ini, kata dia, tidak mengenal usia. Sejak wanita menstruasi, kata dia, sudah berisiko terkena penyakit itu. Usia makin bertambah, maka risiko terkena kanker payudara makin tinggi. “Tadinya beranggapan, kanker payudara hanya mereka yang masih menstruasi. Namun kenyataanya, ada wanita berusia 60 tahun masih terkena kanker payudara,” ungkapnya. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy