Design Kawasan Terpadu Wisata Toronipa, Peserta Luar Sultra Ramaikan Sayembara – Kendari Pos
Metro Kendari

Design Kawasan Terpadu Wisata Toronipa, Peserta Luar Sultra Ramaikan Sayembara

Ruas jalan menuju kawasan Pantai Toronipa akan dibenahi. Pemprov merangcang jalan dua lajur mulai dari Pantai Toronipa-Kota Lama Kendari. Upaya ini tak lain untuk menjadikan Pantai Toronipa sebagai terminal akses penghubung kawasan wisata di Bumi Anoa.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemprov Sultra berencana menjadikan Pantai Toronipa sebagai terminal akses penghubung kawasan wisata di Bumi Anoa. Guna mewujudkan hal itu, Pemprov mengajak masyarakat dalam bentuk sayembara mendesain kawasan terpadu wisata Toronipa. Hingga kini, sebanyak 21 tim desain grafis telah mendaftar

“Pertanggal 10 Februari 2020, sudah ada 21 pendaftar, tidak hanya dari sultra tapi juga dari berbagai daerah. Ada dari Malang, Surabaya, dari Jogjakarta. Nah sekarang kita sudah upload kerangka acuan kerjanya (KAK) untuk sayembara itu,” beber I Gede Panca, Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra kemarin.

KAK lanjut Panca, akan menjadi acuan para peserta lomba untuk membuat grand desain kawasan pariwisata Toronipa nantinya. Seperti, luas wilayah kawasan, fasilitas penunjang, serta beberapa hal teknis lainnya. Tanggal 16 Februari, pihaknya akan memberikan penjelasan terkait KAK kepada para peserta sayembara. Penjelasan itu berisi, syarat-syarat desain dan sebagainya.

“Bagi yang bisa datang silahkan datang, tapi kalau tidak nanti bisa melalui email berkomunikasi. Tapi tidak komunikasi lisan, tapi lewat tulisan semua itu tercatat sehingga nanti objektifitas lomba bisa dijamin,” tegasnya.

Meski melibatkan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Sultra sebagai salah satu juri sayambera, Panca menjamin sayembara ini fair. Apalagi mayoritas juri merupakan kalangan independen yang berasal dari luar Pemprov Sultra. “Karena mereka yang mengerti terkait masalah tata ruang, tapi selebihnya jurinya dari luar. Selebihnya dari ikatan arasitek indonesia nasional, ikatan arsitek indonesia sultra. Kemudian ahli budaya, ahli lingkungan, ahli tata ruang,” ucapnya.

Para peserta sambungnya, akan diberikan waktu hingga bulan Mei 2020 untuk mengumpulkan grand design kawasan pariwisata terpadu Toronipa. Dari seluruh grand desain yang masuk, tim juri akan memilih tiga terbaik untuk diserahkan ke Gubernur Sultra Ali Mazi. “Nanti dari tiga itu akan dipilih oleh Gubernur, untuk keluar sebagai pemenang. Tapi pendaftaran sampai saat ini masih terus kita buka,” tutupnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy