Delapan Calon Hakim Agung Direstui DPR – Kendari Pos
Politik

Delapan Calon Hakim Agung Direstui DPR

Suasana rapat paripurna di DPR RI, kemarin

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah melakukan uji kepatutan dan kelayakan, DPR-RI menyetujui delapan calon hakim agung dan hakim ad hoc. Daftar nama tersebut akan diserahkan ke Presiden Jokowi untuk dilantik.

Kemarin (3/2), saat Paripurna di DPR, Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir menjelaskan uji kelayakan dan kepatutan untuk mengetahui kapabilitas dari calon hakim agung dan ad hoc. Hal tersebut sesuai dengan amanah Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dan putusan Mahkamah Agung (MA).

“Persyaratan penting untuk menjadi hakim agung dan hakim ad hoc pada MA atas dasar kriteria itu Komisi III DPR RI dengan mengedepankan prinsip musyawarah untuk mufakat,” kata Adies di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/2). Dia menjelaskan ada beberapa aspek yang menjadi pertimbangan Komisi III DPR dalam memilih hakim agung dan hakim ad hoc yaitu kecakapan, integritas, dan moral menjadi persyaratan penting untuk menjadi hakim agung. Dengan kedepankan prinsip musyawarah mufakat dan persetujuan fraksi terpilih lima calon hakim agung dan tiga calon hakim ad hoc.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy