Data Terancam Hilang, Disdukcapil Busel Butuh Server Back Up – Kendari Pos
Buton Selatan

Data Terancam Hilang, Disdukcapil Busel Butuh Server Back Up

Nadir

KENDARIPOS.CO.ID — Para pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dusdukcapil) Kabupaten Buton Selatan (Busel) kerap dilanda kekhawatiran saat menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka. Pasalnya, data-data kependudukan yang tersimpan dalam sistem, bisa saja hilang sewaktu-waktu jika komputer server yang ada bermasalah. Pihak Disdukcapil tak punya server back up yang sangat penting dimiliki setiap instansi tersebut untuk menjaga data warga.

Kepala Disdukcapil Buton Selatan, Nadir, mengakui jika catatan kependudukan terancam hilang bila terjadi kerusakan pada bank data utama. “Server kita hanya satu, tahun 2015 laku ini diberi pihak Kementerian. Dari tiga daerah otonomi baru, hanya Busel yang diberikan. Tapi itu belum cukup, karena kalau rusak, data-data yang ada di dalam terancam hilang. Makanya kita sangat butuh yang baru untuk back up,” katanya, kemarin.

Nadir mengaku sudah mengusulkan pengadaan server baru sejak 2018 lalu. Kemudian tahun 2019 ia juga masih menyuarakan itu. Sayangnya, belum dianggap lebih prioritas dari lainnya. “Saya sudah berusaha jelaskan dalam rapat-rapat. Dari tahun 2018 itu coba saja usulkan di APBD Perubahan. Tapi sampai hari ini belum ada. Kita berdoa saja semoga alat yang ada, tidak rusak,” pasrahnya.

Harapan untuk pembelian server baru hanya bertumpu pada APBD. Sebab, APBN sudah tidak mungkin mengalokasikan, karena sudah memberi bantuan pada 2015 lalu. “Saya akan coba lagi di APBD Perubahan nanti,” sambungnya. Meski begitu, dia memastikan pelayanan dasar terhadap kebutuhan data masyarakat dilakukan maksimal. “Alhamdulillah kalau pelayanan tetap jalan. Wajib KTP kita 62 ribu dan sekarang sudah 96 persen sudah punya KTP-el,” tandas Nadir. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy