Dana BOS Dalam Kendali Penuh Kepala Sekolah – Kendari Pos
Buton

Dana BOS Dalam Kendali Penuh Kepala Sekolah

Harmin

KENDARIPOS.CO.ID — Tiga Kementerian yang terlibat langsung dalam pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) sudah menyepakati perubahan mekanisme pencairannya. Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim, Menteri Keuangan, Sri Muliani dan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyetujui jika dana BOS ditransfer langsung ke rekening sekolah. Selain itu, 50 persen dari dana BOS diperuntukan bagi gaji guru honorer.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buton, Harmin membenarkan hal itu. Dia mengatakan sosialisasi perubahan mekanisme penyaluran berikut peruntukan dana BOS sudah dilakukan. Beberapa waktu lalu, pihaknya sudah menerima kedatangan Dirjen Kemendagri yang membidangi pendidikan dalam rangka sosialisasi tersebut. “Saat ini kewenangan pengelolaan dana BOS itu bisa dibilang sepenuhnya ada pada kepala sekolah. Dulu dana BOS itu dari pusat ke provinsi lalu sekolah. Sekarang langsung ke sekolah tanpa melalui Kasda Provinsi lagi. Apakah efektif atau tidak, tapi pasti sudah dipikirkan oleh pembuat kebijakan. Nanti ada evaluasi lagi,” jelas Harmin, di ruang kerjanya, kemarin.

Ia juga menambahkan, kepala sekolah yang diberi kewenangan penuh dihimbau benar-benar memanfaatkan kuasanya sesuai dengan ketentuan. Tentunya kebijakan baru itu diperuntukkan agar pengelolaan dana BOS lebih leluasa mengacu pada kebutuhan sekolah. “Gunakan anggaran sebaik-baiknya. Jangan disalahgunakan. Dengan adanya mekanisme baru ini mestinya sekolah semakin maju. Demikian juga guru-gurunya harus lebih semangat lagi,” tambahnya.

Soal kewenangan Dikbud di daerah, menurut Harmin, pihaknya tetap berperan dalam mengawal manajemen dana BOS. “Jangan sampai ada hambatan, khususnya dalam LPj. Pemeriksaan nanti akan melibatkan Dikbud, jadi tetap fungsi pengawasan itu ada pada kami,” tandasnya. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy