Daftar Tunggu Haji di Wakatobi Capai 21 Tahun – Kendari Pos
Wakatobi

Daftar Tunggu Haji di Wakatobi Capai 21 Tahun

Ilustrasi Haji

KENDARIPOS.CO.ID — Jika tahun 2019 lalu daftar tunggu haji di Wakatobi sudah mencapai 19 tahun, maka 2020 ini semakin lama. Para calon tamu Allah yang sudah mendaftar, harus lebih bersabar. Pasalnya, daftar tunggu hingga 21 tahun. Kendati demikian, masyarakat Wakatobi yang ingin menyempurnakan rukun Islamnya tersebut terus berbondong-bondong mendatangi Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wakatobi. Bahkan pada bulan Januari tahun ini saja sudah ada sebanyak 32 orang yang mendaftar.

Kepala Kemenag Wakatobi, Khalifah Khairun, menyebut, daftar tunggu haji yang setiap tahun semakin lama ini tentu dipengaruhi banyak faktor. Meskipun kuota selalu mengalami peningkatan, faktor ekonomi menjadi salah satu pemicunya. “Mungkin faktor ekonomi salah satunya dan ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan beribadah. Sehingga hampir setiap tahunnya yang mendaftar di sini mengalami peningkatan,” ungkapnya, kemarin.

Ia menambahkan, daftar tunggu haji ini bisa saja semakin lama. Apalagi tahun ini mengalami lonjakan, mengingat panjangnya antrian pendaftaran. “Karena yang mempengaruhi ini banyaknya pendaftar. Jadi semakin banyak meskipun kuotanya naik tetap saja mempengaruhi daftar tunggu,” sambung Khalifah Khairun. Tahun ini saja, masyarakat yang dipastikan berangkat ke Tanah Suci adalah mereka telah mendaftar pada akhir tahun 2011 dan awal tahun 2012. Sementara itu, saat ini para peserta calon haji telah menyelesaikan tes kesehatan tahap satu. Lalu akan dilanjutkan dengan tahap kedua dan proses lainnya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy