Cetak Usahawan Baru, Pemprov Sultra Dorong Pengembangan IKM – Kendari Pos
Metro Kendari

Cetak Usahawan Baru, Pemprov Sultra Dorong Pengembangan IKM

Ilustrasi IKM

KENDARIPOS.CO.ID — Pemprov Sultra terus berupaya mendorong pengembangan usaha kecil. Tak sedikit anggaran yang digelontorkan pemerintah dalam menyalurkan bantuan, pendampingan termasuk pelatihan. Tahun ini, Pemprov menargetkan bisa mencetak 300 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra, Hj Siti Saleha mengatakan pelaku UMKM di Sultra mencapai 13 ribuan. Jenis usahanya beragam. Mulai pengrajin, kuliner, olahan pangan dan lainnya. “Kita punya banyak potensi. Seperti kakau, rumput laut, mente dan masih banyak. Inilah yang akan kita dorong. Tidak hanya menjadi jenis usaha, namun produk ini bisa menjadi oleh-oleh khas daerah,” ujarnya.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan pelatihan terhadap pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), terkait pengembangan packaging dan olahan ikan. “Karena begitu banyak potensi perikanan, yang bisa diolah oleh industri kecil menengah (IKM) di Sultra. Dan kita juga terus berupaya bagaimana mensupport komiditas ekspor kita, tentu itu perlu koordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah,” terangnya.

Pengembangan UMKM di Sultra, katanya, perlu dilakukan sebagai berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah juga terhadap pengembangan kawasan pariwisata nantinya. Juga untuk meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM di Sultra. “Kita akan fokus bagaimana meningkatkan daya saing mereka, supaya bisa sama dengan daerah lain terkait dengan UMKM kita. Jadi terkait dengan peningkatan UMKM, kita melakukan transformasi digital yang namanya ikomers. Terkait dengan pemasarannya,” ucapnya.

Ia pun menargetkan, tahun 2020 wirausaha baru akan mengalami peningkatan sekitar 300 UMKM. Para UMKM ini pun nantinya, akan dibantu untuk mendapatkan kemudahan dalam meningkatkan usahanya, juga mendapatkan sertifikasi halal sebagai mana persayaratan sebuah usaha.

Sementara untuk potensi perikanan, sambungnya, pihaknya juga akan mendorong UMKM membuat aneka kerajinan tangan dari perikanan. Seperti pemanfaatan kerang laut menjadi sofenir dan lain sebagainya. “Kendala saat ini, terkait sumber daya manusia (SDM) yang memang masih sangat rendah dari pada daya saingnya. Kemudian penggunaan teknologi seperti mesin masih terbatas, makanya secara bertahap kita akan membantu itu,” tutupnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy