Cegah Shadow Banking, BI Dorong Penggunaan QRIS – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Cegah Shadow Banking, BI Dorong Penggunaan QRIS

Kepala KPw BI Sultra, Suharman Tabrani memukul gong sebagai simbol dimulainya sosialisasi penggunaan QRIS dan edukasi perlindungan konsumen dalam mendukung blue print sistem pembayaran Indonesia 2025, Rabu (26/2).

KENDARIPOS.CO.ID — Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Merchant Gathering dalam rangka sosialisasi penggunaan QRIS dan edukasi perlindungan konsumen dalam mendukung blue print sistem pembayaran Indonesia 2025, Rabu (26/2). Kegiatan tersebut diikuti sejumlah pelaku usaha (merchant), lembaga perbankan serta nonbank yang ada di Kota Kendari.

Kepala KPw BI Sultra, Suharman Tabrani mengatakan, peningkatan kegiatan ekonomi membutuhkan dukungan kemudahan, kelancaran, dan keamanan bagi para pengguna agar aktivitas transaksi pembayaran barang dan jasa berjalan baik. Dalam perkembangannya, kemajuan teknologi telah mendorong terjadinya evolusi pada instrumen pembayaran yang memberikan berbagai kemudahan, kecepatan dan kenyamanan bagi pengguna. Inovasi tersebut sejalan dengan upaya BI dalam mendorong transaksi nontunai di masyarakat.

Transaksi non tunai yang praktis dan cepat diyakini akan turut mendorong berkembangnya perekonomian. “Sebagai regulator pada bidang sistem pembayaran, BI terus berupaya memastikan aspek keamanan dalam transaksi sebagai bagian dari perlindungan konsumen pengguna jasa sistem pembayaran,” ujar Suharman, kemarin.

Lanjut dia, BI telah menyusun blue print sistem pembayaran Indonesia 2025 yang mengusung lima visi. Pertama, mendukung integritas ekonomi keuangan digital nasional. Kedua, mendukung digitalisasi perbankan sebagai lembaga utama dalam ekonomi keuangan digital melalui open banking maupun pemanfaatan teknologi digital. Ketiga, menjamin interlink antara fintech dengan perbankan untuk mengurangi risiko timbulnya shadow banking. Keempat, menjamin keseimbangan antara inovasi dan perlindungan konsumen. Terakhir, menjamin kepentingan nasional dalam ekonomi keuangan digital antara negara melalui kewajiban pemprosesan data transaksi domestik dilakukan di dalam negeri.

“Sistem pembayaran Indonesia 2025 ini merupakan respon BI terhadap perkembangan teknologi yang berlangsung dengan cepat, sehingga peran nonbank dalam sistem pembayaran semakin menguat dan perlu diantisipasi untuk mencegah terjadinya shadow banking,” imbuhnya.

Shadow banking merupakan lembaga keuangan nonbank yang menjalankan bisnis atau bertindak seperti perbankan. Padahal, dalam menjalankan bisnisnya, bank memiliki aturan yang sangat ketat, terutama terkait kehati-hatian. Karenanya, shadow banking dikenal sarat l risiko untuk konsumen dan bisa berdampak sistemik terhadap perekonomian negara. Bank Indonesia, kata Suharman, akan berupaya menyeimbangkan aspek kenyamanan dan kemudahan dalam transaksi dengan aspek keamanan bagi pengguna. Namun, kemudahan tersebut membutuhkan jaminan perlindungan keamanan bagi penggunanya. Oleh karena itu, Bank Indonesia meluncurkan QRIS pada tanggal 17 Agustus 2019 lalu dan telah wajib diberlakukan pada 1 Januari 2020. “Dalam proses perluasan implementasi QRIS , kami akan mendorong seluruh Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) perbankan maupun nonbank untuk melakukan percepatan dalam penggantian QR code yang ada,” tegasnya.

Sementara di sisi pengguna, BI akan memberikan edukasi kepada masyarakat melalui komunitas, kelompok usaha, mahasiswa, pelajar dan pengurus rumah ibadah karena selain untuk pembayaran QRIS juga bisa dimanfaatkan untuk tujuan donasi. QRIS akan mengintegrasikan seluruh cara pembayaran berbasis QR code yang sudah ada sebelumnya. Bagi pihak merchant, QRIS akan menggantikan seluruh QR code yang sebelumnya sudah terpasang di tiap merchant. Bagi masyarakat, tidak lagi direpotkan untuk mengunduh aplikasi pembayaran berbasis QR.

“Kami sangat mengharapkan dukungan dan partisipasi dari seluruh pihak termasuk merchant untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat dan membawa manfaat bagi perkembangan edukasi penggunaan QRIS,” pungkasnya. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy