Bupati Konut Raih Penghargaan BNPB, Ruksamin : Ini Kerja Ikhlas Kami – Kendari Pos
Konawe Utara

Bupati Konut Raih Penghargaan BNPB, Ruksamin : Ini Kerja Ikhlas Kami

KENDARIPOS.CO.ID — Juni 2019 lalu, daratan Kabupaten Konawe Utara (Konut) di kepung banjir bandang. Daerah yang dipimpin Bupati Konut, Dr.Ruksamin itu nyaris lumpuh. Simpul-simpul transportasi terputus. Beruntung, Kabupaten Konut punya bupati seperti sosok Dr.Ruksamin. Dia menyingsingkan lengan baju, dan turun langusng ke lapangan membantu warganya yang tertimpa musibah banjir. Publik masih ingat, seorang Dr.Ruksamin mengabaikan protokoler pejabat negara dan dengan sigap ikut memanggul beras bantuan yang disalurkan ke lokasi banjir.

Bagi Dr.Ruksamin, dedikasi untuk penyelamatan warga pascabanjir adalah kerja ikhlas. Sigap turun lapangan sambil mengendalikan perangkat Pemkab untuk gotong royong membantu korban banjir. Saat itu, Ruksamin intens membangun komunikasi ke pemerintah pusat. Bahkan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) turun andil berkat lobi Ruksamin. Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo turun ke Konut sembari membawa bantuan beberap unit helikopter untuk evakuasi warga yang terjebak banjir. Atas dedikasi dan kerja ikhlas Dr.Ruksamin, BNPB menganugerahkan penghargaan bidang kebencanaan berkelas nasional kepada Bupati Konut.

“Bupati Dr.Ruksamin dianggap sebagai leader yang tangguh dalam menginisiasi penyelamatan korban bencana alam. Turun tangan di lapangan dengan mengerahkan semua komponen dan unsur masyarakat dalam upaya penyelamatan,” ungkap Rahmatullah, Kepala BPBD Konut. Saat dihubungi Kendari Pos, Bupati Konut, Dr.Ruksamin mengatakan penghargaan itu bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah kabupaten Konut.

“Orientasi kami dalam penanganan banjir saat itu semata-mata untuk menyelamatkan warga pascabanjir. Disaat warga dirundung duka akibat banjir,kami ingin pemerintah berada di tengah-tengah masyarakat sebagai wujud kepedulian. Ini semua kerja ikhlas kami,” ujar Dr.Ruksamin merendah, Senin (3/2).

Bupati Konut, Ruksamin (kiri) saat bencana banjir terjadi di Konawe Utara.

Tak ada korban jiwa menjadi pengalaman berharga bagi Ruksamin dalam penanganan korban pascabanjir. “Intinya bergerak cepat. Hadir ditengah masyarakat. Dengan kehadiran pemerintah daerah di masyarakat menjadi motivasi dan pelipur duka bagi mereka. Itu yang utama sehingga. Tanpa kenal lelah, kami kunjungi masyarakat dan memberikan bantuan,siang maupun malam. Bahkan sebahagian masyarakat kami paksa mengungsi. Mereka yang kehilangan tempat tinggal kami bangunkan hunian sementara,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konut, Rahmatullah mengatakan penganugerahan penghargaan kepada Bupati Konut, Dr. Ruksamin pada rapat koordinasi penanggulangan bencana nasional 2020. “Hari ini penyerahan penghargaan kepada bupati dalam rakor penanggulangan bencana nasional di Sentul International Covention Center Century City, di Bogor,”ujarnya. Mantan Kepala Dinas PU Konut itu menuturkan penganugerahan yang dinobatkan pada Bupati Konut berkaitan dengan komitmen dan apresiasi penyelenggaraan penanggulangan bencana didaerah, dengan melibatkan Pemda, pelaku usaha, media dan masyarakat. (min/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy