Bulog Sultra Target Distribusikan Beras 25 Ribu Ton – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Bulog Sultra Target Distribusikan Beras 25 Ribu Ton

Petani memanen padi di sawah milik mereka di Ranomeeto, Konsel, beberapa waktu lalu. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kenari Pos

KENDARIPOS.CO.ID – -Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sulawesi Tenggara (Sultra) menargetkan dapat mendistribusikan 25 ribu ton beras hasil produksi petani lokal di tahun 2020. Jumlah ini mengalami peningkatan sangat signifikan dari tahun 2019 yang hanya 12 ribu ton. Senin (10/2) lalu, sedikitnya 3,42 ton beras Bulog telah tersalurkan kepada aparatur sipil negara (ASN) lingkup Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Sultra. Beras kualitas premium dengan merk Cap Anoa Sultra itu dipatok seharga Rp 100 ribu per karung kemasan 10 kilo gram (kg).

Kepala Divre Bulog Sultra, Ermin Tora mengatakan, upaya tersebut dilakukan guna mendorong terserapnya beras hasil produksi petani Sultra di pasaran. “Kita target pengadaan (beras) tahun ini bisa meningkat dan distribusi lancar. Dengan begitu, penyerapan hasil panen petani akan semakin baik,” ujar Ermin kepada Kendari Pos, kemarin. Lanjut dia, langkah Bulog menyasar ASN merupakan tindak lanjut dari kesepakatan yang telah dibuat pada 1 November 2019 lalu bersama pemerintah provinsi (Pemprov) Sultra tentang pengadaan dan pendistribusian beras untuk para ASN lingkup pemprov Sultra. Ermin mengaku sangat mengapresiasi Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra sebagai OPD pertama yang merealisasikan kesepakatan itu.

Melalui pola distribusi yang dilakukan Bulog, Ermin berharap beras hasil produksi petani padi Sultra dapat terlindungi dari “serangan” produk luar. Ia optimistis dengan dukungan Pemda target tersebut dapat tercapai. Bulog juga berencana membuka outlet sebagai sarana penyaluran beras Cap Anoa Sultra di luar daerah. Jika memungkinkan, kata dia, Cap Anoa Sultra akan dipasarkan di sejumlah supermarket yang ada di Kota Jakarta. “Beras Bulog identik dengan kualitasnya yang rendah. Kami ingin membuktikan bahwa Bulog bisa bersaing. Kami ingin, apa yang masyarakat butuhkan, bisa disediakan oleh Bulog. Mau yang harga beras murah kualitas medium maupun premium kami punya. Untuk program kesehatan juga ada. Masyarakat perlu tahu hal ini,” tegasnya.

Kata dia, Bulog akan senantiasa meningkatkan kualitas produk-produknya. Langkah Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra diharapkan bisa segera diikuti oleh dinas lain. Kualitas Cap Anoa Sultra pun tidak perlu diragukan karena sudah mengantongi berbagai sertifikat yang membuktikan bahwa beras ini bebas dari residu kimia dan layak konsumsi. Salah satunya adalah Sertifikat Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT). “Harapannya, 20 ribu ton bisa terdistribusi di Sultra baik untuk ASN maupun masyarakat umum. Sisanya kami berencana untuk mendistribusikan ke luar. Mudah-mudahan penyerapan keluar juga bagus,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, Ari Sismanto menyebut, beras yang dikemas Bulog sangat memenuhi syarat untuk dikonsumsi. “Yang terpenting, beras ini dari petani lokal kita. Harusnya kita bangga dengan produk petani daerah. Untuk apa mendatangkan beras dari luar kalau beras kita juga enak. Harapannya, pengadaan beras oleh Perum Bulog bisa berjalan lancar. ASN kami ada 342 orang. Semua sudah membeli bahkan dua sampai tiga karung,” ujar Ari.

Diungkapkannya, Sultra telah saban tahun mengalami surplus beras dalam jumlah besar. Di tahun 2018, total suplus mencapai 150 ribu ton dan pada tahun 2019 mengalami surplus 112 ribu ton. Itupun karena terjadi bencana banjir di beberapa daerah produsen beras sehingga mengakibatkan puluhan ribu hektar sawah gagal panen. Kemudian diikuti kemarau panjang ekstrim sehingga sejumlah wilayah tidak bisa melakukan penanaman. “Dalam kondisi demikian pun Sultra masih surplus beras. Harapannya, beras petani kita nanti bisa terdistribusi dengan semakin baik,” tandasnya. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy