BMKG Kendari : Monsun Asia Picu Cuaca Buruk, Cumulonimbus Potensi Puting Beliung – Kendari Pos
Metro Kendari

BMKG Kendari : Monsun Asia Picu Cuaca Buruk, Cumulonimbus Potensi Puting Beliung

KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi cuaca di wilayah Sultra termasuk Kota Kendari dalam beberapa hari ini kurang bersahabat. Hujan dengan intensitas sedang dan lebat akan mengguyur sebagian besar wilayah Sultra. Kondisi ini disebabkan fenomena angin baratan atau monsun Asia. Masa udara basah dengan kelembaban yang tinggi akibat monsun Asia ini memicu pembentukan awan-awan hujan seperti cumulonimbus.

Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Metereologi Maritim Kendari, Adi Istyono S.geo mengatakan curah hujan pekan ini diprediksi mengalami peningkatan. Kondisi ini tidak hanya terjadi di Kota Kendari, namun hampir di sebagian besar wilayah Sultra. Dari bantuan satelit, angin barat telah menutupi wilayah atmosfir Indonesia termasuk Sultra.

“Monsun Asia itu membawa udara basah. Jadi, tidak heran memicu pembentukan awan-awan hujan. Makanya, curah hujan di Kota Kendari dan Sultra diprediksi meningkat. Pekan lalu, intensitas hujan 20 – 30 milimeter perhari. Kalau pekan depan, agak di atas lah. Namun pada hari-hari tertentu, hujan lebat bisa terjadi dengan intensitas hujan 20 mm perjam,” jelas Adi Istyono, Senin (24/2).

Hanya saja, warga perlu hati-hati. Pasalnya, hujan deras kerap disertai petir dan angin kencang hingga 15 knot atau 30 kilometer perjam. Monsun Asia memicu pembentukan awan cumulonimbus. Bila kondisi udara tidak stabil, awan ini juga bisa menyebabkan angin puting beliung. Wilayah Sultra termasuk Kota Kendari berpotensi terjadi puting beliung. “Pembentuk awam cumulonimbus cukup marak. Hal ini disebabkan massa udara basah yang dibawa angin baratan. Awan ini bisa disertai angin puting beliung. Kecepatan anginnya mencapai 30 s.d 40 knot atau 60 s.d 80 km perjam. Makanya, warga harus waspada saat akan terjadi hujan,” pungkasnya. (mal)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy