BMKG Kendari : Curah Hujan Masih Kategori Menengah – Kendari Pos
Metro Kendari

BMKG Kendari : Curah Hujan Masih Kategori Menengah

KENDARIPOS.CO.ID — Awal musim hujan periode ini mengalami kemunduran. Berdasarkan prediksi, musim hujan melanda wilayah Sultra sejak bulan November. Namun faktanya, musim hujan baru tiba di bulan Desember. Tak heran, bulan Januari barulah intensitas hujan mulai merata di wilayah Sultra. Pada bulan Februari diprediksi mengalami peningkatan. “Jadi memang tahun ini, awal Januari baru hujan mulai intens terjadi. Walaupun sesungguhnya, musim hujan sudah terjadi sejak Desember lalu, namun masih belum merata di semua wilayah. Bahkan curah hujannya pun masih tergolong sangat rendah,”jelas Ramlan, Kepala Stasiun meteoroligi Kelas II Maritim Kendari.

Di akhir Januari ini saja, lanjut dia, sebagian besar wilayah Sultra masih mengalami curah hujan kategori rendah. Namun ada juga beberapa wilayah mengalami curah hujan kategori menengah. Terkecuali daerah Bombana yaitu Pulau Kabaena, Buton Selatan (Busel), dan Buton mengalami curah hujan dengan intensitas tinggi atau 151-300 mm.

Namun di awal Februari hingga awal Maret, diperkirakan curah hujan naik ke kategori menengah. Tetapi ada peluang curah hujan tinggi di sebagian wilayah Kolaka Timur (Koltim), Konawe, dan Konawe Utara (Konut). “Namun di awal Februari ini wilayah yang mengalami curah hujan tinggi yakni sebagian Koltim dan Konawe. Untuk kota Kendari sendiri masih kategori menengah,” ungkapnya.

Sementara untuk suhu udara per 3 Februari di Kota Kendari mencapai 24 sampai 32 derajat celcius. Dengan kelembaban udara 65 sampai 95 persen. Namun untuk monitoring hari tanpa hujan Sultra hingga update terakhir menunjukkan sebagian besar wilayah masih mengalami hari tanpa hujan kategori sangat pendek yakni 1-5 hari. “Tetapi seluruh masyarakat diharapkan terus waspada terhadap potensi hujan lebat, petir, dan angin kencang yang mungkin terjadi di musim penghujan ini,”tutupnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy