BKD Sultra : Datang dari Papua, Suhariani La Suda Pelamar CPNS Nilai TKD Tertinggi 417 Poin – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

BKD Sultra : Datang dari Papua, Suhariani La Suda Pelamar CPNS Nilai TKD Tertinggi 417 Poin

KENDARIPOS.CO.ID — Senin (3/2) pagi, ratusan pemburu Nomor Induk Pegawai (NIP) berkutat dengan soal-soal ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD). 942 peserta tes CPNS lingkup Pemprov Sutlra dan Pemkab Konawe Kepulauan (Konkep) berkompetisi menjawab 100 soal dengan durasi 60 menit, ditambah isi biodata sekira 30 menit. Sejak pukul 07.15 Wita peserta berseragam putih hitam terlihat berdatangan di SMKN 1 Kendari, lokasi tes TKD. Hari pertama tes TKD, 263 peserta gugur dan 679 peserta dinyatakan lolos passing grade (ambang batas) TKD lingkup Pemprov dan Konkep.

Tes TKD hari pertama ini sekira 489 peserta CPNS Pemprov Sultra lolos nilai PG, sedangkan peserta CPNS Konkep sekira 190. Totalnya 679 orang. “Mereka semua sudah berupaya semampunya. Sebetulnya peserta untuk lima sesi itu sekira 1000 orang. 58 peserta tidak hadir dalam TKD, jadi 942 orang yang ikut tes,”ujar Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKD Sultra.

Dia melanjutkan, tahun ini peserta yang lolos memang lebih banyak bila dibandingkan tahun sebelumnya. Peserta dengan nilai tertinggi capai 417 poin. “Di hari pertama ini, yang lolos hampir 50 persen. Nilai mereka cukup tinggi karena persiapan yang jauh lebih matang. Nilai PG tertinggi yakni 417 poin atas nama Suhariani La Suda,”jelas Kadir.

Suasana TKD para pelamar CPNS

Suhariani yang mengambil formasi ahli pertama/apoteker, berhasilmelampaui nilai 183 peserta lainnya. “Alhamdulillah dapat nilai tertinggi, soal-soalnya cukup mudah. Tidak jauh berbeda dengan soal latihan yang beredar. Apalagi kan saya juga sudah ikut tiga kali, jadi sangat serius belajarnya,” ucapnya.

Perempuan yang bekerja di salah satu rumah sakit (RS) di Papua itu mengaku, selama proses pengisian soal ujian dirinya tidak mendapatkan kesulitan. “Dari Papua, baru tiba Jumat kemarin. Khusus datang ke sini untuk ikut tes ini, setelah ini mau kembali kerja di Papua. Nanti tunggu panggilan lagi untuk tes berikutnya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Konawe Kepulauan (Konkep), Umar mengatakan dari total peserta 874 yang lolos sekira 190 orang. “Jadi sekira 684 peserta yang ikut TKD ini tidak lolos. Sementara yang tidak hadir sekira 26 orang. Sebab peserta yang seharusnya ikut itu sebanyak 900 orang tapi hanya 874 yang hadir,”jelasnya.

Kepala BKN Regional IV Makassar, Harun Arsyad mengatakan perbedaan paling menonjol seleksi CPNS tahun ini adalah menurutnya passing grade dibadning tahun 2018. Tapi tingkat kesulitannya, soal lebih rumit soal-saol tahun ini. “Dan lumayan banyak yang lolos PG tahun karena mereka jauh lebih siap. Mereka ikut simulasi dan bimbingan internet maupun secara langsung,”ungkapnya. (rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy