BI Sultra-Kendari Pos Sinergi Kembangkan Ekonomi Daerah – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

BI Sultra-Kendari Pos Sinergi Kembangkan Ekonomi Daerah

Penyerahan cinderamata oleh Deputi Direktur Bank Indonesia Perwakilan Sultra Suharman Tabrani (empat dari kanan) kepada Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin (tiga dari kanan) beserta jajarannya, usai kunjungan Kendari Pos ke Bank Indonesia Perwakilan Sultra, Kendari, Rabu (12/2).

KENDARIPOS.CO.ID — Ada satu kesamaan, antara Kendari Pos dan Bank Indonesia dalam menghadapi era disrupsi. Sama-sama memunculkan inovasi. Kendari Pos dengan Koran Elektroniknya (e-Koran). Sedangkan, Bank Indonesia sistem keuangan digital seperti Quick Response Indonesia Standar (QRIS). Dua pimpinan lembaga ini sepakat, menghadapi era disrupsi, butuh inovasi.

Hal ini terungkap, saat diskusi antara Deputi Direktur Bank Indonesia Perwakilan Sultra, Suharman Tabrani bersama Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin beserta jajaran manajemen Kendari Pos di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sultra, kemarin (12/2). Suharman mengakui, Kendari Pos telah banyak melakukan terobosan (inovasi), sehingga tetap eksis di era teknologi.

“Kami juga mengapresiasi peran yang sudah dijalankan Kendari Pos. Media ini (Kendari Pos) sangat membantu Bank Indonesia dalam mewujudkan visi berksontribusi secara nyata terhadap perekonomian daerah dan negara. Termasuk juga mendukung pengembangan ekonomi daerah,” ungkap Suharman. Apalagi, kata Suharman, saat ini BI telah mengembangkan ekonomi dan keuangan digital seprti QRIS (Quick Response Indonesia Standar). Tentunya, sangat membutuhkan peran media untuk menginformasikan kepada khalayak.

“QRIS adalah metode transaksi pembayaran dengan menggunakan Scan Kode QR yang sudah distandardisasi Bank Indonesia. Sehingga, seluruh pengguna aplikasi yang menyediakan pembayaran QR dapat bertransaksi di seluruh merchant yang menerima pembayaran QR berbasis QRIS. Ini sudah berlaku sejak 1 Januari lalu dan perlu dinformasikan kepada masyarakat,” jelasnya.

Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin (tiga dari kanan), didampingi Direktur La Ode Diada Nebansi (dua dari kanan) beserta jajaran manajemen menyerahkan cenderamata kepada Deputi Direktur Bank Indonesia Perwakilan Sultra, Suharman Tabrani (empat dari kanan) usai diskusi di Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sultra, Rabu (12/2).

Suharman menambahkan, perlu dibuat sebuah forum diskusi yang bisa difasilitasi Kendari Pos. Di dalamnya, melibatkan unsur pemerintah daerah, Kementerian atau lembaga vertikal seperti KPw BI Sultra dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Saat ini, kami butuh forum komunikasi untuk aksi bersama. Kita harus sinergi mengembangkan ekonomi daerah. Kalau mau maksimal, jangan bekerja sendiri-sendiri dalam membangun daerah dan negara ini. Apalagi Sumber Daya Alam (SDA) dan Pariwisata Sultra sangat potensial untuk dikembangkan. Kami siap kolaborasi,” terangnya. Dia menanbahkan, mengembangkan ekonomi daerah, juga butuh dukungan media. Makanya, semua harus sinergi.

Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin menegaskan, Kendari Pos telah menjalankan perannya dalam mendukung pembangunan daerah. Termasuk merancang paradigma untuk semakin meningkatkan kepercayaan pembaca (masyarakat dan pemerintah). Adapun paradigma tersebut: Pertama, Kendari Pos menjadi agen social participation. Maksudnya, Kendari Pos hadir di tengah masyarakat dan pemerintah. “Kami menerima aspirasi masyarakat untuk kemudian disampaikan kepada pemerintah,” jelasnya.

Kedua, kata Irwan, Kendari Pos saat ini, telah menjadi media yang menjalankan fungsi social support. Maksudnya, Kendari Pos selalu berupaya menjalin sinergi dengan pemerintah, utamanya dalam menginformasikan kebijakan pembangunan kepada masyarakat. Ketiga, tentunya yang tak kalah penting, Kendari Pos menjadi media yang menjalankan fungsi kontrol. Maksudnya, melakukan kontrol terhadap kebijakan pemerintah. Jika dikemudian hari ada yang keliru, itu bisa diperbaiki. “Intinya, diera disrupsi saat ini, kami hadir sebagai solusi dari permasalahan yang ada di masyarakat,” kata Irwan.

Sebagai media mainstream, lanjut Irwan, Kendari Pos telah melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan pembaca. Salah satunya, dengan menghadirkan e-koran yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Bukan hanya itu, Kendari Pos sebagai rujukan (kiblat) media di Sultra juga telah melakukan inovasi dari segi pemberitaannya yang kini menganut: The Good News Is The Best News. (berita bagus adalah berita terbaik. “Sekarang, zaman sudah berubah. Teknologi juga sudah berkembang. Kalau tidak merubah paradigma pemberitaan, maka akan ketinggalan. Sudah bukan zamannya lagi pakai ‘The Bad News Is The Good News’,” ungkapnya.

Inovasi dilakukan, lanjutnya, bukan hanya memudahkan pembaca, tapi juga bagian support dalam mendukung pembangunan daerah. Semakin mudah mendapatkan informasi dan terpercaya, maka teredukasi publik, sehingga memudahkan pemerintah dalam menyampaikan program-programnya. “Kendari Pos adalah milik seluruh masyarakat Sultra. Sehingga, selalu siap bersinergi dalam mendukung kemajuan ekonomi dan pembangunan daerah,” imbuhnya. Pada kesempatan itu pula, Irwan juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia yang selama ini sudah mau berkolaborasi dengan Kendari Pos. Baik dalam hal pemberian data (informasi) pemberitaan maupun keterlibatan di setiap kegiatan Kendari Pos. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy