Besok, Bupati Kery Buka Expo Konawe – Kendari Pos
Konawe

Besok, Bupati Kery Buka Expo Konawe

KENDARIPOS.CO.ID — 3 Maret nanti, Kabupaten Konawe genap berusia 60 tahun. Lebih dari setengah abad. Usia yang sangat matang. Tentu sudah banyak pencapaian yang direngkuh kabupaten yang telah melahirkan empat daerah otonomi itu. Apalagi sejak dinakhodai Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa.

Dalam rangka memeriahkan HUT ke-60 Konawe, Expo Konawe digelar. Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dijadwalkan membuka Expo, 29 Februari 2020. Sejauh ini semua persiapan tengah dirampungkan. Progresnya telah mencapai 90 persen lebih. Hasil pembangunan duet Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara akan dipamerkan dalam expo yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Sulemandara Kecamatan Pondidaha.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa berharap pelaksanaan expo bisa berjalan meriah. Persiapan panitia pameran sejauh ini terus digenjot. Bupati tak ingin ada ada hal-hal kecil yang mengganjal kelancaran penyelenggaraan pameran pembangunan Konawe tahun ini. Hal itu disampaikan saat menerima kunjungan Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi di kediamannya, Kecamatan Pondidaha, Kamis (27/2).

Beberapa hal seputar persiapan expo HUT ke 60 Konawe dibahas dalam pertemuan itu. Mulai dari kesiapan di lokasi expo termasuk agenda acara lainnya. Kery mengapresiasi kerja panitia yang sudah bekerja keras siang dan malam demi menyukseskan pameran pembangunan tersebut. Satu hal yang tak luput, Kery meminta pihak panitia menghampar material batu kerikil di lokasi expo. “Supaya tanahnya tidak becek,” ujar Kery sembari meminta Ketua Panitia Expo Konawe, Suriyadi untuk menyiapkan MCK bagi masyarakat yang berkunjung ke lokasi Expo Konawe.

Wakil Bupati (Wabup) Konawe Gusli Topan Sabara menambahkan, para pimpinan OPD harus menunjukkan progres kegiatan yang telah dilakukan selama setahun duet kepemimpinan Kery Saiful Konggoasa – Gusli Topan Sabara memimpin Konawe. “Expo ini bagian dari pertanggungjawaban pemerintah daerah kepada masyarakat. Makanya, stan-stan pameran OPD yang dibangun harus dapat menunjukkan kinerja OPD dalam menyukseskan visi-misi Pemkab Konawe. Apa yang sudah dikerja, serta apa yang akan dilakukan dari masing-masing OPD,” ujarnya.

Trail Adventure Meriahkan HUT Konawe

Pameran pembangunan menyambut HUT ke-60 kabupaten Konawe dipastikan bakal semarak. Selain diisi dengan penampilan artis Viola Arsya dan grup band Republik, rangkaian HUT Konawe juga bakal diisi dengan event trail adventure oleh komunitas motorcross.

Event bertajuk trabas wisata alam dan wisata kuliner itu, bakal digelar pada Sabtu (29/2). Ratusan crosser dari penjuru Sultra hingga luar daerah, dipastikan ambil bagian untuk mencoba menaklukan track penuh rintang menjelajah hutan sejauh 40 km.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menyebut, ratusan rider dari berbagai komunitas trail sudah menyatakan diri siap mengikuti event trabas wisata Al dan wisata kuliner itu. Selain rider Konawe, crosser dari luar daerah pun dipastikan turun dalam event yang memperebutkan hadiah undian utama berupa empat unit sepeda motor itu.

“Crosser dari Makassar sedang dalam diperjalanan menuju Konawe. Morowali juga ada perwakilan. Pesertanya banyak, Insya Allah banyak yang bakal ikut acara ini,” ujar Kery Saiful Konggoasa, Kamis (27/2) ditemui di kediamannya di kecamatan Pondidaha.

Sementara itu, penanggung jawab event trail adventure, Hariadin mengatakan, event trail adventure bakal mengambil start di bumi perkemahan Sulemandara kecamatan Pondidaha, Sabtu pagi (29/2) sekira pukul 08.00 Wita. Jalur yang bakal dilewati crosses, mencapai 40 km dengan medan ekstrem dan dipastikan memacu adrenalin para penggemar balap di arena yang seringkali terjal dan berat tersebut.

Rute 40 km itu bakal ditaklukan para crosser dalam waktu kurang lebih enam jam lamanya. “Kita start dari bumi perkemahan Sulemandara, Pondidaha. Kemudian, menuju ke kecamatan Amonggedo tepatnya di jalan hauling dan tembus ke desa Tirawuta kecamatan Pondidaha. Dari Tirawuta, kita memotong jalur melewati kali dan menembus hutan di perbatasan Konsel-Konawe. Selanjutnya, kita memutar lagi di Pondidaha menuju garis finish di bumi perkemahan Sulemandara. Jadi, posisinya kita main di hutan,” rinci Hariadin saat dikonfirmasi Kendari Pos, kemarin.

Pria yang karib disapa Bagas itu menambahkan, hingga saat ini (kemarin, red), pihaknya sudah mengantongi pendaftar sebanyak 188 peserta trail adventure. Jumlah itu bakal bertambah menjelang ditutupnya pendaftaran. Ia memprediksi, peserta trabas wisata alam dan wisata kuliner itu bakal menembus 600 orang. Beberapa komunitas penyuka trail (lihat grafis), juga sudah mengkonfirmasi ikut dalam event itu. “Pasti banyak. Sebab pada prinsipnya, pesertanya hampir ada dari perwakilan kabupaten/kota se-Sultra,” yakinnya.

Selain itu, lanjut Bagas, peserta yang sudah melakukan registrasi akan mendapatkan kupon yang nantinya akan diundi untuk mendapatkan hadiah utama empat unit sepeda motor serta hadiah hiburan lainnya.

Ketua Trail Adhyaksa Community (TAC) Konawe, Bustanil Arifin menjelaskan, event trail adventure sejatinya agenda pemkab Konawe untuk merangkul komunitas trail di Konawe. Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Konawe itu juga menyebut, trail adventure yang digelar bakal menyusuri sungai dan hijaunya hutan yang ada di Konawe. “Event ini sifatnya umum. Tidak ada kategori khusus. Ini wisata alam saja. Event ini beda juga dengan rombongan yang start dari Kendari. Yang dari Kendari itu mobil Hartop dan motor Harley Davidson kalau saya tidak salah,” ungkap Bustanil Arifin. (adi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy