Bentuk Pansus Jiwasraya, PKS Minta Dukungan Fraksi Lain – Kendari Pos
Nasional

Bentuk Pansus Jiwasraya, PKS Minta Dukungan Fraksi Lain

Jiwasraya

KENDARIPOS.CO.ID — Pembahasan kasus Jiwasraya lewat komisi dinilai kurang efektif. Terlebih, panitia kerja (panja) yang dibentuk bukan cuma satu. Kerugian negara yang cukup besar dinilai pantas agar dibentuk panitia khusus (pansus).

Pengamat Politik Ujang Komarudin mengatakan, meski fraksi PKS dan Demokrat telah mengusulkan pembentukan pansus, ada kemungkinan pimpinan DPR tidak ingin adanya pansus. Padahal, jika dilihat efektivitas, pembentukan pansus justru akan mempermudah kerja DPR dalam membongkar skandal Jiwasraya tersebut. “Jelas sekali, ada ketidak inginan pimpinan DPR. Seharusnya sejak awal dibentuk pansus. Agar tidak ada panja-panja di tiap komisi dengan satu kasus,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini.

Terpisah, Anggota DPR Komisi III Nasir Djamil mengatakan NasDem awalnya memiliki niat yang sama agar kasus Jiwasraya dibahas pada tingkat pansus. “Kita berharap NasDem yang awalnya berkeinginan membentuk pansus diharapkan juga sama-sama,” kata Nasir di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Politisi PKS ini berharap fraksi lain di DPR mendukung usulan pembentukan pansus. Dia yakin hal itu sudah dibahas pimpinan Fraksi PKS dengan fraksi lain di parlemen. “Hampir semua kalau nggak salah. Kecuali PDI Perjuangan kita belum bersilaturahmi,” imbuhnya.

Dia belum mengetahui alasan ketua Fraksi PKS belum menjalin komunikasi dengan PDI Perjuangan terkait pansus ini. Namun, dia menduga usulan tersebut sudah dibahas secara informal.

Nasir melanjutkan, awalnya ada Demokrat Nasdem dan PKS yang menginginkan adanya pansus. Ia berharap, Nasdem mau ikut menyusul langkah PKS dan Demokrat. “Mudah-mudahan bisa nyusul. Baru ini ada panja dengan objek yang sama. Menurut saya ini harus dipikirkan pimpinan DPR. Karena dikhawatirkan tidak sejalan dengan banyaknya panja. Karenanya kami usulkan pansus tersebut,” bebernya.(khf/fin/rh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy