Benahi Kawasan Tugu Religi, Pemprov Sultra Anggarkan Rp 2 Miliar – Kendari Pos
Metro Kendari

Benahi Kawasan Tugu Religi, Pemprov Sultra Anggarkan Rp 2 Miliar

Pelataran Tugu Religi akan terus dibenahi. Tahun ini, Pemprov Sultra mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2 miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Proyek revitalisasi kawasan Tugu Religi akan terus dilanjutkan. Tahun 2020, Pemprov Sultra telah mengalokasikan anggaran Rp 2 miliar. Anggaran ini diperuntukan membenahi fasilitas yang rusak disebabkan penyelenggaraan event di lokasi kawasan MTQ selama tahun lalu. Pemprov akan menata ulang kawasan ini sesuai design awal yang mulai pembangunannya tahun 2003.

“Jadi tahun 2019 lalu sudah dianggarkan Rp 9 miliar dimana dilakukan perbaikan bagian SSDC, pagar serta pelataran. Namun karena Sultra tidak punya alun-alun, banyak kegiatan besar di lakukan di MTQ. Bahkan pemasangan panggung-panggung serta stand pedagang di sana membuat banyak keramik-keramiknya pecah,” jelas Pahri Yamsul, Kepala Dinas Cipta Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra kemarin.

Ketua Perbasasi Sultra itu memastikan keramik yang pecah itu bukan pada saat rehab MTQ. Usai penataan kawasan MTQ sudah ada pemeriksaan dari Inspektorat dan BPK. Justru akibat ada ivent-ivent di sana, para IO memasang besi-besi pemasangan panggung, biasanya langsung diangkat dan dibanting begitu saja, jadi keramik otomatis pecah-pecah. Biar sekeras apapun keramiknya pasti akan pecah kalau seperti itu.

“Makanya saya menekankan harus tahu dulu spesifikasi MTQ itu untuk apa. Spek MTQ itu kebanyakan keramik, jadi ini bukan untuk besi-besi yang dibanting tapi untuk para pejalan kaki. Kita tidak ada desain untuk besi-besi seperti itu makanya agak banyak pecah-pecahnya, sebab ini bukan karena kesengajaan. Kalau tidak mau rusak yah jangan dipakai,”jelasnya.

Tahun ini, Pemprov telah menggarakan Rp. 2 miliar. Hal ini untuk memperbaiki semua kawasan yang keramiknya pecah-pecah. “Kalau memang anggarannya cukup sampai ke bawah tugu, kita akan selesaikan juga di situ. Untuk pengerjaan tahun 2019 semua sudah bagus, tetapi lampu-lampunya banyak yang hilang lagi. Habis lagi, bahkan untuk plafon sudah ada lagi yang rusak, apa memang karena ada anak-anak yang panjat atau seperti apa, sampai jebol,”ungkapnya

Ia berharap masyarakat yang berkunjung juga menjaga kawasan ini. Agar semua yang diperbaiki bisa awet. Ia juga mengaku akan mengusulkan kalau bisa ada pengelolaan seperti UPTD untuk MTQ agar lebih ada yang mengawasi. “Kasian area itu terbengkalai terus. Sangat sayang kalau usai diperbaiki tapi rusak lagi. Untuk area dalam pagar tidak akan diizinkan lagi ada pedagang yang berjualan. Berbeda dengan luar pagar, sebab itu kewenangan Pemerintah Kota. Upaya ini demi penataan yang lebih baik,”tutupnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy