Bawaslu Perketat Pengawasan di Hari Tenang – Laman 2 – Kendari Pos
Politik

Bawaslu Perketat Pengawasan di Hari Tenang

“Program patroli pengawasan memberikan pesan kepada masyarakat dan peserta pemilu, Bawaslu tidak tidur meski pada minggu tenang. Waktu tenang akan dimanfaatkan Bawaslu agar dapat memastikan tidak ada transaksi politik uang. Kalaupun ada, kami pastikan dapat ditemukan oleh seluruh jajaran kami di lapangan,” ujar Dewi di Jakarta, Sabtu (1/2).

Ia tidak yakin akan banyak laporan terkait politik uang. Pasalnya, dalam undang-undang Pilkada nomor 10 tahun 2016 Pasal 187A ayat (1) disebutkan setiap orang yang sengaja memberi uang atau materi sebagai imbalan untuk memengaruhi pemilih maka orang tersebut dipidana penjara paling singkat 36 bulan dan paling lama 72 bulan. Selain itu, denda paling sedikit Rp 200 juta hingga maksimal Rp 1 miliar. “Kami tidak terlalu berharap pada laporan, karena dalam UU pemberi dan penerima akan mendapatkan sanksi,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan, saat ini Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) sedang melakukan pengawasan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di daerah yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2020. Tujuannya, memastikan tidak ada anggota partai yang masuk dalam jajaran penyelenggara pemilu Ad hoc itu. “Kami sudah mengawasi tahapan rekrutmen PPK agar tidak ada yang menjadi partisan,” terang Abhan. (khf/fin/rh)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy