Banyak Kades di Wakatobi Masih Berijazah SMP – Kendari Pos
Wakatobi

Banyak Kades di Wakatobi Masih Berijazah SMP

KENDARIPOS.CO.ID — Selain aparaturnya, tingkat pendidikan Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Wakatobi ternyata masih banyak yang berijazah Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kendati hal tersebut tidak melanggar aturan, namun diharapkan seluruh sumber daya manusia (SDM) Pemerintah Desa (Pemdes) bisa lebih meningkat sesuai level pendidikan. Apalagi dalam kaitan kemampuan melaksanakan pengelolaan keuangan desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3APMD) Wakatobi, La Ode Husnan, mengungkapkan, kemampuan SDM para Pemdes di Wakatobi memang masih menjadi masalah hingga saat ini. Apalagi baik aparat maupun kepala desa hanya memiliki jenjang pendidikan hingga tingkat SMP saja. Meski demikian, ia berharap, baik aparat maupun kepala desa bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam menjalankan tugas masing-masing.

La Ode Husnan

Bagi Husnan, jenjang pendidikan kepala desa tentu bisa mempengaruhi kapabilitasnya. Namun ia menginginkan baik Kades maupun aparatnya bisa bekerja dan meningkatkan kinerja dengan baik. “Sementara kalau perangkat desa yang diatur dalam Permendagri nomor 83 tahun 2015, minimal berijazah SMA. Namun, karena aturan juga bahwa aparat desa bisa dipensiunkan ketika berusia 60 tahun atau meninggal dunia dan sudah tidak layak lagi. Sementara kita ketahui juga bahwa yang berijazah SMP ini kan sudah lama kerja di desa,” tandasnya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy