Banyak Aset Pemprov Lepas, Ali Mazi : Repot Kita Kalau Semua Diklaim Masyarakat – Kendari Pos
Metro Kendari

Banyak Aset Pemprov Lepas, Ali Mazi : Repot Kita Kalau Semua Diklaim Masyarakat

KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sultra, Ali Mazi meminta aset milik pemerintah diperjelas. Pasalnya, banyak aset Pemprov yang diklaim masyarakat bahkan ada yang sampai lepas. Politisi Partai NasDem ini mengaku bingung. Dengan dokumen yang dimiliki, Pemprov Sultra kerap kalah. Ia lalu mencontohkan kasus sengketa lahan Hotel Same. “Saya sudah lihat sertifikatnya seluas 4,6 hektar. Dulunya, itu daerah rawa. Kita punya dokumen jelas, tapi kok bisa kalah. Ini kan lucu,” tuturnya usai menghadiri pemberian hibah tanah kepada KPU Provinsi Sultra dan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sultra, di DPRD Sultra.

Tidak hanya itu, ia turut menyesalkan soal kekalahan Pemerintah terhadap gugatan masyarakat atas klaim lahan Stadion Lakidende. “Kalau saya tidak mungkin kalau kalau pemerintah memiliki kejelasan atas aset-asetnya. Selain itu, proses gugatan seharusnya dilakukan sejak tahun 70-an. Karena, pembangunan stadio tersebut telah dikerjakan sejak tahun 70-an,” ungkapnya. Disinggung soal keterlibatan oknum pegawai pemerintah dalam persoalan hilangnya aset pemerintah tersebut, Ali Mazi enggan untuk menduga-duga. “Itu semua sudah ada putusan hukumnya. Sebagai negara hukum kita harus menghargai apa putusan dari Pengadilan. Namun, kita berupa untuk kedepan aset-aset milik pemerintah tidak lepas begitu saja,” terangnya.

Ali Mazi

Untuk menghindari gugatan pihak lain, ia meminta semua aset daerah diinventarisir. Dengan begitu, kepemilikannya lebih jelas. Sebab jika dibiarkan, aset Pemprov kembali akan diklaim masyarakat. “Repot kita kalau semua diklaim masyarakat sementara kita dapatkan dengan menggunakan uang negara, kalau semua diklaim lama-lama aset kita habis,” tegasnya. Informasi yang berhasil dihimpun, aset tanah milik Pemprov yang raib itu adalah lahan Stadion Lakidende, lahan di Hotel Same, Lapangan Golf, lahan PGSD, Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sultra, dan Pusat Promosi, Informasi dan Dokumentasi (P2ID). Selain itu, lahan Nanga-nanga dan lahan yang ditempati KPU juga tengah disoal oleh masyarakat. (b/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy