Bangun Konektivitas OPD, Diskominfo Sultra Siapkan Server Khusus – Laman 2 – Kendari Pos
Metro Kendari

Bangun Konektivitas OPD, Diskominfo Sultra Siapkan Server Khusus

Servernya sambungnya, sudah mulai dipasang sejak akhir tahun 2019. Saat ini, jaringannya sudah terkoneksi melalui VPN IP kepada seluruh OPD. VPN IP merupakan jalur khusus sistem perdataan dan tidak melalui wifi. “Jadi dia itu kalau pengiriman data bukan via jaringan internet tapi pakai kabel VPN IP. Upaya ini agar data yang masuk lebih cepat, tidak gampang di hacker,” kata Saifullah.

Untuk saat ini, pihaknya tinggal menunggu pengaplikasiannya. Hanya saja, OPD harus menyikapi jalur konektivitas itu. Agar seluruh data mereka lengkap terkait program yang dilaksanakan. “Misalkan perkebunan, dia mengisi jumlah lahan potensial sekian, yang aktif sekian nah dia masukkan kedalam konektifitas. Orang luar, masyarakat serta swasta atau investor yang ingin berinvestasi kalau mau tau data tentang Sultra tinggal membuka data di server itu,” jelasnya.

“Jadi jangan sampai OPD itu belum siap dengan data-datanya. Jadi sekarang investor sudah cerdas, tidak mau datang dari China atau Amerika kalau belum melihat potensi itu. Nah kita di Sultra itu kekurangnannya belum menyiapkan data secara online dan menyeluruh. Memang ada tapi masih terpisah-pisah sehingga kurang optimal. Dan saat ini kita akan optimalkan,” tambahnya. (c/rah)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy