Bangun Embarkasi Haji dan Madrasah, DPR Dukung Penambahan Anggaran Kemenag Sultra – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Bangun Embarkasi Haji dan Madrasah, DPR Dukung Penambahan Anggaran Kemenag Sultra

Ketua Tim Anggota Komisi VIII DPR RI, H. Samsu Niang (enam dari kanan), Anggota Komisi VIII DPR RI Muh. Rapsel Ali (empat dari kanan), Kakanwil Kemenag Sultra Fesal Musaad (kiri), Asisten III Sultra Suharno (dua dari kanan) foto bersama usai kunjungan kerja spesifik Komisi VIII DPR RI ke MAN Insan Cendekia Kendari, Jumat (7/2).

KENDARIPOS.CO.ID — Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), kedatangan tamu istimewa, kemarin (7/2). Mereka adalah mitra kerjanya, yakni anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Dalam pertemuan yang berlangsung di Aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC), Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad meminta kepada Anggota Komisi VIII DPR-RI agar membantu menyesuaikan (menaikan) pagu anggaran di Kemenag Sultra.

“Perlu ada penambahan anggaran sarana dan prasarana. Apalagi saat ini, kami punya fokus pada pembangunan embarkasi haji dan madrasah negeri di Buton Utara (Butur). Di sana (Butur), sama sekali tidak ada madrasahnya,” ungkap Fesal Musaad. Meski tahun ini, anggaran yang diberikan pusat mengalami peningkatan, dari Rp 700 miliar menjadi Rp 726 miliar, namun menurutnya belum memadai. “Makanya, kami berharap, melalui Komisi VIII, bisa mendukung penambahan anggaran,” harapnya.

Anggota Komisi VIII DPR RI, Muh. Rapsel Ali (topi hitam) menanam pohon di pelataran MAN Insan Cendekia Kendari disela kunjungan kerja spesifik Komisi VIII DPR RI, Jumat (7/2).

Selain untuk pembangunan embarkasi haji dan madrasah, lanjut dia, penambahan anggaran tersebut, juga akan digunakan membangun Sekretariat Bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di seluruh Sultra. “Semoga bisa mendapat perhatian dan dukungan dari Komisi VIII DPR,” ujarnya.

Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi NasDem, Muhammad Rapsel Ali mengaku siap mengawal permintaan dari Kemenag Sultra. Utamanya dalam penyesuaian pagu anggaran. “Kami akan tingkatkan anggaran untuk embarkasi haji dan pendidikan di Sultra,” ujar Rapsel Ali. Menurutnya, penambahan anggaran dibutuhkan, karena Sultra merupakan daerah kepulauan. Sebaran kualitas pendidikan belum merata.

“Makanya, memang sangat perlu penambahan anggaran. Kami akan kawal di DPR. Ini sebagai bentuk dukungan peningkatan kualitas pendidikan di Sultra,” janjinya.

Ketua Tim Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi VIII DPR RI, Samsu Niang mengaku akan membawa aspirasi Kemenag Sultra ke meja dewan. “Kami akan agendakan khusus. Karena ini menyangkut kepentingan orang banyak. Terutama pembangunan embarkasi haji dan madrasah. Itu penting,” kata Samsu.

Lebih lanjut, pihaknya akan mendorong Kemenag agar memperhatikan Pagu anggaran di setiap daerah, mengingat banyak kebutuhan penting dan mendasar yang harus dilaksanakan di perwakilan Kemenag di daerah, salah satunya Kemenag Sultra. “Kami akan upayakan untuk perubahan anggarannya. Apakah nanti dianggaran perubahan tahun ini, ataukah untuk tahun mendatang. Pastinya, kami akan perjuangkan,” kata anggota dewan dari Fraksi PDI Perjuangan Itu.

Sekadar informasi, selain meminta penyesuaian pagu anggaran tahun ini, Kemenag Sultra juga meminta kepada Komisi VIII DPR RI agar mencabutan moratorium pembangunan lima Kabupaten Pemekaran (Kolaka Timur, Konawe Kepulauan, Muna Barat, Buton Tengah dan Buton Selatan), supaya tidak menghambat pelayanan publik. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy