Aturan Kawasan Tanpa Rokok di Wakatobi Diterbitkan – Kendari Pos
Wakatobi

Aturan Kawasan Tanpa Rokok di Wakatobi Diterbitkan

H. Arhawi

KENDARIPOS.CO.ID — Jika masih banyak ditemui Aparatur Sipil Negara (ASN) merokok di kantor atau ruang kerjanya dengan sesuka hati, maka tahun 2020 ini harusnya tak dilakukan lagi. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi telah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang kawasan tanpa rokok. Bahkan jika mengunjungi sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) larangan itu sudah terpampang jelas di dinding.

Dalam Perbup nomor 43 tahun 2019 tentang Kawasan Tanpa Rokok, para ASN Wakatobi tidak diperkenankan merokok ketika menjalankan tugas atau saat berada di kantor. Hal ini bahkan ditekankan oleh Bupati Wakatobi, H. Arhawi. Ia sendiri mengaku tak lagi mengisap rokok jika sedang bertugas. “Kita sudah mulai. Saya sendiri saat ini sudah tidak merokok. Khususnya kepada ASN, agar tidak mengisap rokok di tempat umum dan saat jam kerja. Kalaupun ingin merokok, usahakan di luar kantor dan usai jam kerja,” imbaunya.

Wakatobi-1 ini menegaskan, jika memergoki jajarannya merokok di jam kerja atau di kantor, maka ia akan memberikan teguran. Sayangnya, aturan yang sudah diberlakukan pada tahun 2020 ini belum dikuatkan dengan sanksi tegas bagi ASN yang melanggar. “Kita buat aturan ini sesuai komitmen yang telah disepakati bersama. Karena ini baru mulai, sanksinya masih berupa teguran. Tapi nanti jika sudah berjalan baik, maka kita pikirkan lagi soal efek jeranya,” tegas Arhawi.

Aturan kawasan tanpa rokok yang dibuat Pemkab Wakatobi ini bukan tanpa alasan. Kebijakan tersebut akan selalu dikawal dan dipatuhi para ASN. Apalagi Kabupaten Wakatobi merupakan salah satu kawasan pariwisata prioritas nasional. Sehingga Pemkab harus memberikan contoh hidup sehat pada masyarakat. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy