Atasi Banjir, Pemkot Kendari Bangun Kolam Retensi – Kendari Pos
Metro Kendari

Atasi Banjir, Pemkot Kendari Bangun Kolam Retensi

Seseorang melintas diatas sungai Wanggu di Jl. MT. Haryono, Kendari, Selasa (25/2).

KENDARIPOS.CO.ID — Banjir di Kota Kendari seakan sudah menjadi persoalan setiap musim hujan. Aliran Sungai Wanggu tak mampu menampung air yang mengalir dari hulu. Tingginya endapan dan penyempitan bantaran Sungai Wanggu menjadi penyebabnya. Untuk mengatasi banjir, pemerintah mulai melakukan normalisasi dengan membangun tanggul. Tahun ini, pemerintah akan membangun kolam retensi. Anggaran pembangunan kolam penampungan air ini menelan anggaran Rp 20 miliar.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi IV Kendari, Haeruddin mengatakan pembangunan kolam retensi bertujuan mereduksi banjir saat puncak musim hujan. Debit air Sungai Wanggu yang berlebih bisa dialihkan ke kolam retensi untuk menghindari alirannya tidak meluap. Lokasi pembangunannya di sekitar jalan Boulevard.

“Ada dua kolam retensi yang akan dibangun. Anggarannya sudah siap. Totalnya, Rp 20 miliar yang bersumber dari APBN. Dengan pembangunan kolam ini, luapan air Sungai Wanggu bisa diminimalisir,” kata Haeruddin kemarin.

Kendati demikian, ia tetap meminta dukungan Pemkot Kendari. Pasalnya, anggaran yang dialokasikan real untuk proyek pengerjaan fisik. Sementara proses pembebasan lahannya menjadi domain Pemkot. “Kita harapkan proses pembebasan lahan juga bisa dilakukan segera. Sehingga dalam proses pengerjaanya nanti tidak terjadi lagi masalah,” ujarnya.

Pembangunan kolam retensi kata dia, merupakan upaya penanggulangan banjir di Kota Kendari khususnya potensi banjir akibat luapan Kali Wanggu. Sebagai tahap awal, pihaknya telah memulai pembangunan tanggul di bantaran Sungai Wanggu. Setelah kolam retensi, pemerintah akan membangun Cekdam di hulu Sungai Wanggu.

“Penanggulangan banjir akibat luapan Sungai Wanggu dilakukan secara bertahap dan konprehensif. Bila sebelumnya, membangun tanggul kini kalom reduksi. Tahapan selanjutnya pembangunan cekdam di Hulu Sungai Wanggu. Dengan upaya ini potensi banjir yang disebabkan dari luapan air dari Sungai Wanggu bisa diatasi,” pungkasnya. (b/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy