Aspal Enam Ruas Jalan, Pemkab Konkep Anggarkan Rp 19,5 Miliar – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Aspal Enam Ruas Jalan, Pemkab Konkep Anggarkan Rp 19,5 Miliar

H. Amrullah

KENDARIPOS.CO.ID — Peningkatan sarana infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) masih menjadi prioritas utama. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam kendali Bupati Konkep, Ir. H. Amrullah dan Wakilnya Andi Muhammad Lutfi, terus mengalokasikan puluhan miliar rupiah anggaran untuk membenahi akses penghubung di otoritanya saat ini. Tahun ini, Rp 19,5 miliar dana alokasi khusus (DAK) reguler diplot untuk mengaspal jalan di Pulau Wawonii.

Diantaranya, akses Perkantoran-Batumea sebesar Rp 6,5 miliar, Lawey-Rokoroko Rp 3 miliar, jalan perkampungan Lampepai Rp 2,5 miliar, Wawouso-Bobolio Rp 2,5 miliar, akses penghubung Dimba-Lebo Rp 2,5 miliar dan ruas jalan Tambaone Rp 2,5 miliar. Bupati Konkep, H. Amrullah, mengatakan, target rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) pengaspalan jalan di Pulau Wawonii sudah terlampaui.

Target pengaspalan yang ditargetkan tuntas dalam waktu lima tahun, bisa diselesaikan pada waktu empat tahun pasangan dengan akronim Beramal itu menahkodai Pulau Wawonii. “Tahun ini ada enam ruas jalan yang kita lakukan pengaspalan. Pembenahan sarana infrastruktur jalan dan jembatan ini memang masih masuk skala paling utama,” kata Bupati Konkep, kemarin. Selain pengaspalan jalan, ada beberapa jembatan yang juga dibenahi tahun ini.

Diantaranya Jembatan Noko, Kecamatan Wawonii Timur Laut, Jembatan Lebo di Wawonii Timur dan instrumen penghubung Lapakea, di Kecamatan Wawonii Barat. “Tiga jembatan yang kita benahi lewat anggaran DAK reguler 2020. Satu jembatan box culvert jalan poros Pelabuhan-Perkantoran akan dikerja lewat anggaran Pemprov Sultra. “Selain jalan dan jembatan, selebihnya normalisai sungai dan pembenahan irigasi,” pungkas mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Konkep tersebut. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy