ASN Wakatobi Diimbau Taat Aturan Larangan Merokok – Kendari Pos
Wakatobi

ASN Wakatobi Diimbau Taat Aturan Larangan Merokok

Ilustrasi Merokok

KENDARIPOS.CO.ID — Mulai tahun 2020 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi telah menerbitkan peraturan bupati (Perbup) tentang kawasan tanpa rokok. Larangan tidak merokok di sembarang tempat bagi para aparatur sipil negara (ASN) itu, harus dipatuhi. Meski belum ada sanksi tegas, namun ASN yang ketahuan masih merokok di kawasan kantor dan tempat umum pada jam kerja, akan mendapat teguran.

Tak hanya sebatas aturan, Bupati Wakatobi, H. Arhawi berharap seluruh jajarannya dapat mematuhi hal itu dengan baik. Bila perlu mampu meminimalisir dan bahkan langsung berhenti merokok. Baginya, terbitnya aturan tersebut akan berdampak pada diri sendiri, masyarakat dan lingkungan sekitar. Wakatobi-1 menyebut meski Pemkab belum menyediakan area bebas merokok, setidaknya penegasan larangan harus ditaati. Para ASN Wakatobi sebaiknya tidak memandang sepele Perbup itu.

“Tapi, dengan adanya aturan ini kita berharap larangan ini melahirkan kesadaran bagi semua, khususnya para pegawai negeri kita. Bila perlu tidak merokok lagi,” ungkap Arhawi, Selasa (19/2).

Larangan ini juga berlaku di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wakatobi. Salah satu poin yang diharapkan Pemkab, jika RSUD Wakatobi mengantongi akreditasi bintang dua, maka hal ini menjadi perhatian serius. Dengan adanya aturan ini, tidak ada tempat pelayanan di RSUD untuk area merokok.

“Jadi, di tempat pelayanan kesehatan itu tidak disediakan tempat merokok. Ini semua kita mulai dari lingkup Pemkab Wakatobi dulu. Kedepan tentu kita akan memikirkan hal lainnya menyangkut larangan ini. Yang jelas kita semua harap ada komitmen mentaati aturan ini,” tegas Arhawi. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy