APBD Terbatas, Arusani Optimistis Pinjaman Daerah Direstui Mendagri – Kendari Pos
Buton Selatan

APBD Terbatas, Arusani Optimistis Pinjaman Daerah Direstui Mendagri

Bupati Busel, La Ode Arusani (kiri) saat blusukan ke desa-desa. Pembangunan infrastruktur dasar digenjot Bupati Arusani. Saat ini, Pemkab Busel tengah mengajukan pinjaman untuk membiayai pembangunan.

KENDARIPOS.CO.ID — La Ode Arusani punya kuasa penuh mengambil kebijakan strategis setelah dilantik menjadi Bupati Buton Selatan (Busel) definitif, 31 Desember 2019. Dia bergegas memacu pembangunan infrastruktur dasar masyarakat di tengah keterbatasan APBD Busel hanya Rp.633 miliar.

Berbekal kewenangan sebagai bupati, Arusani memutuskan mengajukan pinjaman sebesar Rp.115 miliar ke Bank Sultra. Beruntung DPRD Busel mendukung pinjaman tersebut. Saat ini, dokumen usulan pinjaman sudah masuk di Kemendagri untuk mendapat persetujuan.

Pinjaman itu akan digunakan membiayai pembangunan rumah sakit umum daerah (RSUD) sekira Rp. 60 miliar dan Rp.55 miliar untuk pembangunan jalan dan dermaga. “Kenapa harus meminjam, karena RSUD dinilai sebagai kebutuhan mendesak. Kalau harus pakai APBD, anggarannya terbatas, dan tidak memungkinkan pembangunan RSUD tuntas dalam satu tahun. Jadi solusinya meminjam,” ujar Arusani kepada Kendari Pos, Jumat (31/1).

Di sisi lain, sebagian APBD Busel tahun 2020 dialokasikan untuk pembangunan kantor organisasi perangkat daerah (OPD) baru, “Sebab, sampai saat ini masih banyak OPD yang belum punya kantor sendiri. Sebagian masih menyewa rumah warga sebagai kantornya untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Arusani.

Bupati Busel La Ode Arusani optimistis usulan pinjaman itu akan mendapat restu dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian. “Saya yakin disetujui. Karena itu memang untuk kebutuhan masyarakat. Contoh RSUD. Kita sangat butuh itu untuk pelayanan kesehatan. Lalu, jalan-jalan di desa, untuk mendukung perekonomian warga,” kata Arusani di temui di rumah jabatan Bupati.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy