Antisipasi Pelambatan Ekonomi, BI Turunkan Suku Bunga – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Antisipasi Pelambatan Ekonomi, BI Turunkan Suku Bunga

Suharman Tabrani

KENDARIPOS.CO.ID — Bank Indonesia (BI) resmi menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 4,75 persen pada Kamis (20/2) lalu. Kepala Perwakilan (KPw) BI Sultra, Suharman Tabrani mengungkapkan, penurunan suku bunga tersebut dilakukan sebagai respon Bank Indonesia dalam melihat kondisi ekonomi global dan domestik.

“Dengan perkembangan terakhir terutama kasus Covid-9 (virus corona) diperkirakan ada perlambatan ekonomi global dan berimbas terhadap ekonomi nasional. Penurunan tingkat suku bunga acuan diharapkan bisa membantu secepat mungkin penurunan kredit agar sektor lain bisa meningkat sehingga tidak berdampak negatif terhadap pertumbuhan ekonomi,” beber Suharman saat ditemui, Rabu (26/2) lalu.

Efek pelonggaran moneter tersebut, lanjut dia, tidak bisa langsung dirasakan. Namun yang pasti, jika terjadi perlambatan ekonomi secara global dan nasional lambat laun tetap akan berpengaruh terhadap ekonomi Sultra. Baik disebabkan bermasalahnya jalur perdagangan, investasi, maupun pariwisata. “Terutama Tiongkok atau negara-negara lain yang terhalang pasti jumlah wisatawannya akan menurun. Begitupula sektor lainnya seperti perdagangan, mungkin ada hambatan transportasi,” jelasnya.

Untuk menggenjot pertumbuhan kredit, perlu dikombinasikan dengan bauran kebijakan dari sisi moneter dan sisi fiskal. Kebijakan pemerintah dari sisi fiskal yang bisa dibangun adalah dengan kebijakan pajak, belanja, perdagangan, dan bagaimana menarik investasi masuk ke dalam negeri. Sejauh ini masih ada ketidakpastian baik dari sektor riil maupun dari industri perbankan dari sisi likuiditas. Hal ini membuat relaksasi aturan suku bunga tidak memberi efek cepat pada peningkatan kredit.

Jika berlangsung terus menerus, kata Suharman, kemungkinan enam bulan kedepan atau minimal triwulan I efek penurunan suku bunga acuan baru akan nampak. “Mungkin pertumbuhan ekonomi kita belum turun, tapi pada triwulan II seberapa besar pengaruhnya sudah bisa kelihatan. Pertumbuhan ekonomi Sultra bisa jadi lebih rendah dari sebelumnya karena secara nasional sudah mengoreksi akan turun sekitar 0,3 persen. Sultra mudah-mudahan masih bisa bertahan di angka 6,4 persen sampai 6,5 persen,” pungkasnya. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy