Antisipasi Banjir, BPBD Koltim Siagakan TRC – Kendari Pos
Kolaka Timur

Antisipasi Banjir, BPBD Koltim Siagakan TRC

Anzarullah

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) mulai menyiagakan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk mengatasi jika terjadi bencana alam. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Koltim, Anzarullah, mengatakan, bencana alam seperti banjir, tanah longsor, kebakaran, angin puting beliung dan gangguan alam lainnya kerap terjadi di daerah itu. Makanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui dinas teknis berupaya mengantisipasi agar ketika terjadi, dapat mengurangi risiko.

“Edukasi kepada masyarakat bahkan pelajar juga sering kami lakukan. Tim reaksi cepat kita sudah dibekali dan disiapkan setiap saat. Jika terjadi bencana mereka harus terjun ke lapangan menolong korban,” kata mantan Kadis PU Koltim itu, Selasa (25/2). Anzarullah mengatakan, koordinasi dengan berbagai stakeholder terus dilakukan dalam penanganan banjir tersebut. Seperti menggelar rapat tanggap kedarutan bersama Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Palang Merah, TNI dan Polri, Basarnas hingga jajaran Forkopimda.

Ia memetakan, dari 12 kecamatan yang ada di Koltim, wilayah berpotensi atau rawan bencana banjir dan longsor adalah Uluiwoi, Ueesi, Mowewe, Dangia dan Loea. “Kalau tahun 2019 lalu, banjir terparah pada bulan Juni sekitar minggu pertama. Dampak bencana cukup besar, khususnya di Kecamatan Uluiwoi dan Kecamatan Uesi, termasuk di Lambandia. Kami sudah memasang pendeteksi banjir di Uluiwoi. Saya harap masyarakat juga dapat mendeteksi dan mengantisipasi bencana sejak awal,” pinta Anzarullah. (b/kus)



Wilayah Rawan Banjir dan Longsor :

  • Kecamatan Uluiwoi
  • Kecamatan Ueesi
  • Kecamatan Mowewe
  • Kecamatan Dangia
  • Kecamatan Loea

*) Tahun 2019 lalu, banjir terparah terjadi minggu pertama Juni.
Alat pendeteksi banjir sudah dipasang di Uluiwoi.
*) Koordinasi tanggap darut dilakukan bersama Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Palang Merah, TNI dan Polri, Basarnas hingga Forkopimda.



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy