Ali Mazi Dorong Percepatan Penyaluran DD – Kendari Pos
Metro Kendari

Ali Mazi Dorong Percepatan Penyaluran DD

KENDARIPOS.CO.ID — Alokasi Dana Desa (DD) untuk Sultra tiap tahun meningkat. Tahun ini, anggaran DD yang mengalir di Sultra mencapai Rp 1,653 triliun. Tahun lalu hanya Rp 1,613 triliun. Penyaluran anggaran yang diperuntukan bagi 1.911 Desa ini tak lagi melalui kas daerah, namun langsung ditransfer ke rekening Pemdes. Agar penggunaan lebih optimal, Gubernur Sultra, Ali Mazi mendorong percepatan penyaluran dan pengelolaan DD. Hanya saja, ia tetap mengingatkan agar pemanfaatan DD tetap merujuk pada aturan.

“Alhamdulillah, kucuran DD tahun ini naik. Peningkatan ini patut disyukuri. Namun tetap harus mawas diri. Upaya percepatan penyaluran dan pemanfaatan DD harus sesuai mekanisme. Tetap patuhi aturan main. Pemerintah Kecamatan diharapkan bisa membantu Desa,” kata Ali Mazi dalam Rapat Kerja (Raker) Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan DD tahun 2020 di Claro Hotel Kendari, Selasa (25/2).

Perhatian Kemendagri kata politisi NasDem, cukup besar. Makanya, Mendagri Tito Karnavian mengutus pejabatnya menghadiri Raker ini. Tidak hanya membagi ilmu dan informasi tentang pengelolaan DD, namun juga memberi tips mempercepat penyaluran DD yang aman dan tidak berimbas perkara hukum. “Di Raker ini, kita bisa tahu mana yang boleh dan tidak boleh dilaksanakan. Saya berharap pemanfaatan DD ini betul-betul menyentuh seluruh masyarakat desa,”jelasnya suami Agista Aryani itu.

Kepala BPSDM Kemendagri, Teguh Setyabudi mengatakan penyaluran dana desa tahun 2020 akan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dimana dana tersebut akan langsung dikirim ke masing-masing rekening desa. Kalau sebelumnya di kirim ke pemerintah daerah dulu. Di sisi lain, Kemendagri akan memperkuat pengawasan dalam pengelolaan dan penggunaan DD. Dengan melalui aparat pengawas internal pemerintah (APIP) dan para camat.

“Saya yakin ada beberapa kepala desa yang mungkin saja belum paham teknis administrasi pemerintahan. Jadi pengawasan dan pengelolaan DD harus terus ditingkatnkan,”tutupnya.

Untuk diketahui berdasarkan data BPMD Sultra rincian DD yang disalurkan pemerintah pusat ke Sultra terhitung mulai tahun 2015 senilai Rp. 496 miliar, tahun 2016 Rp. 1.126 triliun, tahun 2017 Rp. 1.482 triliun, tahun 2018 Rp. 1.414 triliun dan tahun 2019 Rp. 1,613 triliun serta tahun 2020 sekira Rp. 1,653 triliun. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy