9 Jalan Provinsi Diaspal Tahun Ini : Lima Wilayah Daratan, Empat Kepulauan – Kendari Pos
Metro Kendari

9 Jalan Provinsi Diaspal Tahun Ini : Lima Wilayah Daratan, Empat Kepulauan

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun ini, Pemprov Sultra mendapat kucuran anggaran sebesar Rp 76 miliar dari pemerintah pusat. Dana ini diperuntukan untuk membangun sembilan ruas jalan provinsi. Lima titik di wilayah daratan dan empat di kepulauan dengan total jalan yang dibangun sepanjang 100 kilometer. Saat ini, proyek pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) telah masuk tahap tender.

“Anggaran sudah ditender. Sembilan ruas itu yakni Jalan Onunggu, Pangeran Antasari, Dewi Sartika, Batu Gong-Batas Kota Kendari, Batas Kota Kendari Labibia-Dr Soetomo. Untuk Kepulauan, Kamaru-Lawele, Dayanu Ichsanuddin-Lawele. Kemudian, Batas Kota Baubau/Buton Selatan-Batauga dan Batauga-Sampolawa,” beber Rony Yakob Laute, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Sultra.

Proyek ini sambungnya, merupakan Program Hibah Jalan Daerah (PHJD). Di Sultra, ini adalah kali kedua. Tahap pertama Sultra mendapatkan Rp 81 miliar yang diperuntukan untuk membangun jalan KSPN Wakatobi. Khususnya pembangunan ruas jalan penunjang jalan terhubung ke Wakatobi. Seperti pembangunan pelabuhan di Buton Selatan (Busel) dan Muna Barat (Mubar) yang dianggap konek ke KSN Wakatobi.Persyaratan mendapat dana hibah ini, Pemprov atau Pemda harus melakukan pembiayaan terlebih dulu (pre-financing) dengan mengalokasikannya dalam APBD tahun berjalan.

PHJD diberikan kepada Pemda yang termasuk dalam kawasan strategis nasional seperti kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), kawasan Industri dan KSN lainnya. “Tujuan PHJD itu jelas. Pertama meningkatkan konektivitas berbasis koridor di kawasan strategis nasional (KSN). Kemudian meningkatkan kemantapan jalan Provinsi dan jalan Kabupaten dilokasi KSN. Dan meningkatkan tata kelola penyelengaraan jalan daerah atau value for money untuk mendukung perbaikan akses pada daerah yang diprioritaskan,” jelasnya.
(b/yog)

PHJD Tahap II

  1. Anggaran Rp 76 Miliar
  2. Bangun 100 Km Jalan Provinsi
  3. Sembilan Ruas Jalan yang Dibenahi

  4. Daratan Kepulauan
  • Jalan Onunggu Kamaru-Lawele
  • Pangeran Antasari Dayanu Ichsanuddin-Lawele
  • Dewi Sartika Batas Kota Baubau/Buton Selatan-Batauga
  • Batu Gong-Batas Kendari Batauga-Sampolawa
    -Batas Kendari Labibia-Dr Soetomo Kota Kendari
1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy