67 SMP di Konawe Siap UNBK – Kendari Pos
Edukasi

67 SMP di Konawe Siap UNBK

Suasana belajar mengajar siswa di kelas IX, SMPN 1 Unaaha, kemarin (4/1).

KENDARIPOS.CO.ID — Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) bakal digelar serentak pada 20-23 April mendatang. Empat mata pelajaran yakni bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris dan ilmu pengetahuan alam (IPA) siap diujikan pada siswa SMP tersebut. Di Konawe, pelaksanaan UNBK bakal diikuti oleh 67 SMP. Salah satunya yakni SMP Negeri 1 Unaaha.

Kepala SMPN 1 Unaaha, H. Djamaluddin, SPd., mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah mempersiapkan perangkat pendukung pelaksanaan UNBK. Diantaranya, menginventarisir komputer yang nantinya dipakai para siswa untuk mengerjakan soal secara online. Ia menyebut, 44 unit komputer milik sekolah siap digunakan saat UNBK nanti. Namun, jumlah itu masih kurang jika dibandingkan jumlah peserta UNBK di SMPN 1 Unaaha sebanyak 200 siswa.

“UNBK dibagi menjadi tiga sesi setiap harinya. Satu sesi diikuti 60-70 siswa. Jadi, kita masih butuh 30 laptop lagi. Kita akan pinjam dari teman-teman guru atau kepada orang tua siswa SMPN 1 Unaaha,” ujar Djamaluddin kepada Kendari Pos, Selasa (4/2).

Terkait persoalan jaringan, lanjut Djamaluddin, pihaknya tidak menemui kendala berarti. Terlebih, letak sekolah yang berada di tengah kota Unaaha membuat kecil kemungkinan adanya kesulitan jaringan ditemui saat pelaksanaan UNBK nantinya. Mengenai kesiapan kelistrikan, mantan Kepala SMPN 3 Unaaha itu menambahkan, hal itu sudah diantisipasi sejak dini. Ia mengaku, sudah melakukan penambahan kWh untuk memastikan listrik tetap menyala ketika semua komputer dinyalakan bersamaan saat pelaksanaan UNBK di sekolahnya. Kalaupun terjadi pemadaman dari PLN, lanjutnya, satu unit genset disiapkan untuk mengantisipasi hal tersebut.

“Yang namanya mati lampu kan kita tidak tahu waktunya. Tapi mudah-mudahan saat pelaksanaan UNBK, hal itu tidak terjadi,” harap Djamaluddin.

Ia pun menyebut bahwa pertengahan Februari nanti, pihak sekolah juga akan melakukan simulasi kepada peserta UNBK di SMPN 1 Unaaha. Ia mengimbau, peserta UNBK harus giat belajar. Utamanya pelajaran menyangkut materi UNBK.

“Bimbingan ujian akan dilakukan tim guru SMPN 1 Unaaha. Kita juga akan dampingi para siswa tata cara menjawab soal di komputer,” imbuh Kepala SMPN 1 Unaaha.

Ditemui terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe, Suriyadi menerangkan, secara kronologis ditahun 2018-2019, pelaksanaan UNBK hanya diikuti kurang lebih 6 sekolah. Sementara, tahun ini sudah 100 persen diikuti oleh 67 SMP se-Konawe. Dirinya menyebut, telah menerima info tinggal 13 SMP yang lagi proses penyelesaian dan pemasangan sistem jaringan pendukung pelaksanaan UNBK.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy