600 WNI Mantan Anggota Kelompok ISIS Dipulangkan – Kendari Pos
Nasional

600 WNI Mantan Anggota Kelompok ISIS Dipulangkan

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah melalui Menteri Agama Fachrul Razi, menyatakan bahwa 600 warga negara Indonesia (WNI) yang merupakan mantan anggota kelompok teror ISIS bakal dipulangkan. Pemulangan itu dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), yang bekerja sama dengan pihak terkait.

Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Asep Adisaputra, mengatakan terkait rencana pemulangan itu, pihaknya bakal melakukan persiapan dengan melakukan pendataan. “Kami berkoordinasi dengan pemerintah daerah para eks ISIS ini berasal, sekarang mereka masih berada di Suriah, Turki dan Irak,” ujar Asep kepada wartawan, Senin (3/2).

Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Asep Adisaputra

Lanjut Asep menuturkan, dari 600 orang itu, beberapa di antaranya berstatus sebagai tahanan. “47 orang sebagai tahanan dan selebihnya pengungsi biasa,” imbuh Asep. Selain itu, Polri juga bakal melakukan verifikasi dan memprofil bekas anggota ISIS itu apakah betul merupakan warga negara Indonesia atau tidak. “Di dalam negeri masih dilakukan kajian strategis dengan instansi terkait seperti Kementerian Luar Negeri, Kementerian Agama, Kementerian Sosial, Polri, Badan Intelijen Negara dan BNPT,” tandas Asep. (cuy/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy