60 Rumah Hunian Sementara di Puusuli Konut Terendam Banjir Berlumpur – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

60 Rumah Hunian Sementara di Puusuli Konut Terendam Banjir Berlumpur

KENDARIPOS.CO.ID — Hujan yang melanda daratan Kecamatan Andowia dan sekitarnya sejak Rabu (26/2) lalu, membuat air menggenangi kawasan Hunian Sementara (Huntara) di Desa Puusuli, Kabupaten Konawe Utara (Konut). Setidaknya ada sekitar 60 unit rumah yang terdampak banjir dari 97 Huntara yang ada. Penyebab banjir itu sendiri disebabkan beberapa faktor. Diantaranya gorong-gorong drainase yang terhalang oleh sedimen sampah. Akibatnya, air memasuki Huntara korban banjir pada tahun 2019 lalu tersebut.

“Air bah itu sumbernya dari gunung. Ada beberapa penyebab banjir. Pertama intensitas curah hujan yang tinggi, meski durasi hanya satu sampai dua jam,” ujar Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konut, Djasmiddin, (27/2). Kemudian saluran air tidak mampu membendung air yang datang secara tiba-tiba. Makanya meluap hingga ke lokasi Huntara. Selain itu, diperparah dengan sampah potongan kayu hasil buangan masyarakat, sehingga menutup gorong-gorong yang mengakibatkan penyempitan.

Kondisi Huntara di Desa Puusuli, Kecamatan Andowia yang dilanda banjir akibat sistem drainase menyempit. Sampah kayu menutup area gorong-gorong di wilayah pemukiman eks korban banjir tahun 2019 lalu tersebut.

“Kemudian ada bekas aktivitas pertambangan. Namun hal itu tidak sepenuhnya menjadi penyebab banjir. Namun pada intinya, intensitas curah hujan yang cukup tinggi,” pendapat Djasmiddin. Saat ini kondisi sudah kembali normal. Untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan, Pemkab Konut langsung tanggap dengan menurunkan satu alat berat untuk membuat drainase. “Ada satu alat berat yang disediakan memotong jalan selebar dua meter untuk mengalihkan alur air. Sehingga airnya surut kembali. Termasuk memperbaiki kembali drainase yang di wilayah sekitar Huntara agar distribusi air lancar,” tandasnya. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy