434 Ribu Benih Ikan di Kolut Segera Disalurkan – Kendari Pos
Kolaka Utara

434 Ribu Benih Ikan di Kolut Segera Disalurkan

Pedagang ikan di Pasar Sentral Lacaria. Hasil panen ikan dan tangkapan nelayan di Kolut belum bisa menutupi kebutuhan masyarakat sehingga pedagang masih menerima
pasokan dari luar daerah. Instansi teknis menggenjot produksi perikanan dengan
mengadakan bibit ikan.


KENDARIPOS.CO.ID — Tahun 2020 ini, pihak Dinas Perikanan Kolaka Utara (Kolut) akan mengadakan 434 ribu benih ikan untuk tiga jenis. Saat ini aparatur di instansi tersebut sementara mendata para kelompok nelayan yang akan menerima bantuan budi daya perikanan darat itu. Kabid Pengelolaan Pembudidayaan Ikan pada Dinas Perikanan Kolut, Ali Wardana melalui Seksi Perbenihan dan Produksi Budidaya, Agustan, mengatakan, 434 ribu benih itu terbagi atas 400 ribu benih bandeng, 15 ribu benih nila dan ikan mas 19 ribu ekir. Bantuan itu dipasok dari Makassar dan bakal dibagi ke semua kelompok nelayan pada 15 kecamatan.

“Calon penerima sementara didata dan diupayakan final Maret mendatang,” ujarnya, Jumat (28/2). Menurut Agustan, penerima hanya merupakan kelompok yang tercatat di instansinya serta anggota yang terdaftar mengantongi kartu pelaku usaha kelautan dan perikanan (Kusuka). Pemerintah mengucurkan dana lebih dari Rp 100 juta untuk pengadaan benih tersebut.

Pengadaan benih dikatakan berlangsung setiap tahun, termasuk alat tangkap hingga armada nelayan. Program itu sebagai upaya untuk mendorong hasil panen dan tangkapan nelayan Kolut baik yang dikembangkan di darat dan ditangkap di laut. “Kami harap setiap bantuan yang disalurkan menjadi modal untuk mengembangkan usaha. Bagi yang hasilnya lebih, bisa disisipkan untuk membeli bibit. Karena belum tentu kami adakan lagi pada tahun-tahun berikutnya,” ungkap Agustan. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy