3.530 Penerima PKH di Butur Dipastikan Tepat Sasaran – Kendari Pos
Buton Utara

3.530 Penerima PKH di Butur Dipastikan Tepat Sasaran

Alman

KENDARIPOS.COL.ID — Dinas Sosial Kabupaten Buton Utara (Butur) memastikan, 3.530 keluarga penerima manfaat (KPM) pada program keluarga harapan (PKH) telah tepat sasaran. Kendati demikian, organisasi perangkat daerah (OPD) teknis itu terus melakukan validasi data dan mengimbau kepala desa proaktif mengupdate keberadaan warga prasejahtera atau kurang mampu di daerahnya.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Dinas Sosial Butur, Alman, menuturkan, data warga sebagai kategori penerima manfaat program keluarga harapan bantuan pangan nontunai berdasarkan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). “Memang ada keluhan masyarakat yang merasa dirinya lebih berhak mendapatkan bantuan dibandingkan kepala KPM PKH saat ini. Secara kasat mata memang tidak mampu. Olehnya itu, kami minta kepala desa agar proaktif memberikan data valid warga berhak dimasukkan ke dalam data terpadu kesejahteraan sosial,” jelasnya, Rabu (26/2).

Alman mengungkapkan, untuk memastikan subsidi bagi masyarakat miskin dan tidak mampu tersalurkan tepat sasaran, Kementerian Sosial terus meningkatkan kualitas data terpadu sesuai amanat undang-undang nomor 13 tahun 2011 tentang penanganan fakir miskin. Proses pemutakhiran data dimulai dari verifikasi dan validasi di daerah untuk kemudian disahkan Menteri Sosial. “Peran pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas DTKS sangat penting. Karena alur verifikasi dan validasi data dimulai dari bawah, atau dari daerah. Verifikasi data akan empat kali dalam satu tahun. Olehnya itu, kepala desa harus proaktif memutakhirkan data penduduk miskin yang NIK-nya belum bisa dipadankan dengan data Dukcapil,” harapnya.

Selain itu, Dinas Sosial akan memberikan label 3.530 rumah kepala keluarga sebagai KPM PKH untuk memudahkan pemantauan perkembangan kondisi perekonomian penerima bantuan tersebut. “Dengan sistem labelisasi rumah keluarga penerima manfaat bantuan keluarga harapan sudah mampu secara sukarela melepaskan diri dari program bantuan. Sehingga posisi mereka dapat diisi oleh keluarga prasejahtera lain yang membutuhkan bantuan. Sejauh ini, sebanyak 34 kepala keluarga telah mengundurkan diri karena telah mampu,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy