243 WNI Dievakuasi dari Wuhan – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

243 WNI Dievakuasi dari Wuhan

KENDARIPOS.CO.ID — Evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Tiongkok, segera dilakukan. Rencananya, hari ini (1/2) pesawat carter melakukan misi penjemputan. Setidaknya ada 243 WNI di kota yang saat ini diisolasi karena mewabahnya virus korona tersebut.

Presiden Joko Widodo menegaskan, sejak awal pemerintah memiliki opsi untuk memulangkan para WNI tersebut. Hanya, memang ada prosedur yang harus dilalui untuk bisa mengevakuasi mereka. Langkah-langkah evakuasi secara detail dibahas di kantor Kementerian Sekretariat Negara.

”Masuknya nanti (ke Wuhan) seperti apa. Kemudian setelah dibawa ke sini apakah ada karantina dalam jumlah banyak itu di mana,’’ ujarnya setelah membuka rakornas Kemenristek di Puspiptek Serpong, kemarin.

Menurut presiden, proses evakuasi tidak bisa dianggap enteng dan asal dilakukan. ”Harus disiapkan betul karena ini menyangkut, sekali lagi, virus,’’ tegasnya.

Jokowi mengakui, ada pelibatan TNI dalam proses evakuasi. Yang paling siap saat ini, kata dia, memang TNI dari divisi kesehatan. ’’Dan, mereka (TNI) menyatakan sudah siap,’’ tutur dia.

Dengan kata lain, pemerintah tinggal memutuskan langkah selanjutnya sembari melihat perkembangan di Wuhan. Sebab, bagaimanapun kawasan tersebut merupakan teritori negara lain. Ada aturan yang harus diikuti Indonesia meski untuk mengevakuasi
warganya sendiri.

Menlu Retno Marsudi setelah rapat di Kemensesneg enggan berbicara mengenai keputusan dalam rapat lintas kementerian itu. Dia berdalih harus melapor kepada presiden terlebih dahulu. ”Bapak Presiden sudah memerintahkan agar evakuasi WNI di Provinsi Hubei dilakukan segera,’’ kata Retno setelah bersama sejumlah menteri menemui presiden di Lanud Halim Perdanakusuma.

Misi evakuasi akan menggunakan pesawat sipil Lion Air jenis Airbus 330 dengan pertimbangan efisiensi waktu dan kecepatan. Cukup satu pesawat sudah bisa melakukan direct flight dan sekali angkut. Sepuluh personel TNI akan dilibatkan untuk pengamanan.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy