22 Alat Perekam Pajak di Konut Terpasang – Kendari Pos
Konawe Utara

22 Alat Perekam Pajak di Konut Terpasang

KENDARIPOS.CO.ID — Simpul-simpul pajak sebagai pendapatan asli daerah (PAD) di Konawe Utara (Konut) terus dimaksimalkan. Tempat-tempat usaha di Bumi Oheo tersebut mulai dilengkapi alat perekam pajak (tapping box). Pemasangan alat perekam pajak, tak lepas dari terobosan Kepala Bappeda Konut, Jumadin, dalam meningkatkan PAD dari sektor pajak rumah makan dan perhotelan.

“Telah ada beberapa rumah makan maupun hotel yang dilakukan pemasangan tapping box,” ujar Kepala Bapenda, Jumadin melalui Kabid Pajak Bapenda Konut, Asni, Senin (24/2). Ia merinci tahun lalu, tapping box yang telah terpasang sebanyak 10 unit. Ditahun ini, pemasangan alat perekam pajak kembali dilakukan dengan total keseluruhan yang terpasang 12 unit dari 15 unit yang tersedia.

Pihak Bapenda Konut saat melakukan pemasangan tapping box pada salah satu rumah makan yang ada di daerah itu untuk memaksimalkan penerimaan pajak pada sektor itu.

“Tahap pertama 10 unit, tahap kedua alat perekam pajak yang dipasang 12. Sehingga total alat perekam pajak yang beroperasi sebanyak 22 unit. Diantaranya empat unit hotel dan 18 rumah makan. Sedangkan tiga alat tapping box rencana akan dilakukan pemasangan pada awal bulan tiga,” rinci Asni.

Wilayah pemasangan alat perekam pajak dilakukan ibu kota kabupaten dan beberapa kecamatan yang memiliki rumah makan. Seperti di Kecamatan Molawe, Lasolo, Lembo dan Sawa. Sementara untuk Kecamatan Asera, Oheo dan Landawe, pemasangan alat perekam pajak terkendala pada jaringan internet. “Setiap transkasi keuangan di rumah makan dan hotel, pajak sebesar 10 persen langsung terpantau oleh KPK dan BPD pusat. Jadi, setiap saat kita mengetahui berapa nilai pajak yang masuk. Bahkan tak beroperasipun terdeteksi,” urainya.

Asni menjelaskan ada beberapa pelaku usaha yang awalnya menolak pemasangan tapping box. Namun Bapenda terus memberikan penjelasan dan sosialisasi pada pemilik usaha. “Ada pula pelaku usaha yang merespon positif pemasangan tapping box, setelah kami melakukan pendekatan dan memberikan penjelasan atas manfaat alat perekam pajak, akhirnya mendapat respon,” ujarnya. Pemasangan alat perekam pajak merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman yang dilakukan antara Pemkab dengan Divisi Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi (Kosrupgah) KPK serta Bank Sultra.

“Dengan adanya tapping box, pemasukan pajak di Konut mengalami peningkatan. Makanya, ini yang terus maksimalkan dalam mempercepat pembangunan di daerah,” pungkasnya. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy