2020, Distanak Sultra Kembangkan Komoditas Baru – Kendari Pos
Metro Kendari

2020, Distanak Sultra Kembangkan Komoditas Baru

KENDARIPOS.CO.ID — Pemprov Sultra terus berupaya meningkatkan produksi pertanian. Tidak hanya produk unggulan, namun juga komoditas baru seperti tanaman porang dan sorgum. Tahun ini, pengembangan tanaman ini mulai dilakukan Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distannak) Sultra.

Ari Siswanto

“Tahun ini kita akan mengembangkan komoditas baru yakni porang dan sorgum. Tahun lalu, porang belum masuk sama sekali di Sultra, dan tahun ini kita akan mulai kembangkan. Sementara sorgum sudah ada di Sultra, hanya Distanak sendiri baru mau mengembangkan,”jelas Ari Siswanto, Kepala Distannak Sultra kemarin.

Dia menlanjutkan, umbi hutan dengan nama latin Amorphopallus oncophillus ini oleh sebagian masyarakat dimanfaatkan sebagai sumber pangan lokal. Umbi porang awalnya hanya tumbuh liar di hutan. Tetapi saat ini sudah menjadi kebutuhan dunia. “Taman ini dimanfaatkan dalam industri obat, makanan dan minuman, kosmetik, bahan perekat, minuman penyegar, pertambangan, bahan industry pesawat terbang, industry textile, dan lain-lain. Saat ini dari Indonesia sudah banyak di ekspor di luar negeri dan menjadi kebutuhan dunia. Tetapi kita di Sultra baru mau mengembangkan,”jelasnya.

Saat ini, kebutuhan dunia terhadap komoditas porang baru tercukupi sekira 12 persen. Jadi untuk porang target 2020 minimal 3 ribu hektar se Sultra. “Jadi kita akan konsen pengembangan porang di Kolaka Utara dan Bombana. Tetapi Konsel juga sudah ada beberapa daerah yang siap menanam porang,”terangnya.

Sementara untuk sorgum, akan di kembangkan sekira 100-an hektar. Dimana fokus utama di daerah Kolaka Timur. “Jadi ini akan kita optimalkan. Sebab selain dapat dijadikan sebagai bahan pangan juga dapat digunakan sebagai bahan anti oksidan,”tutupnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy