198 Mahasiswa UMK Mengabdi di Konkep – Kendari Pos
Edukasi

198 Mahasiswa UMK Mengabdi di Konkep

Sebelum berangkat KKA, ratusan mahasiswa dibekali pengetahuan dan langkah-langkah, saat berada di lapangan

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, sebanyak 198 mahasiswa dari 12 program studi (Prodi) di Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), akan melaksanakan Kuliah Kerja Amaliah (KKA) periode XI tahun 2020. Kali ini, KKA mengusung tema ‘Pemberdayaan Desa Berbasis Masjid dan Peningkatan Kualitas Lingkungan Masyarakat’. Mereka akan diberangkatkan pada 21 Februari mendatang, di Konawe Kepulauan (Konkep).

Wakil Rektor I UMK, Dr. Ahmad Muhlis Nuryadi, S.Pi., M.Si., mengatakan, sentral kegiatan mahasiswa akan difokuskan di masjid-masjid dari setiap desa yang ditempati. Maka, mahasiswa yang akan mengabdi di masyarakat harus memiliki tiga hal di lokasi penempatan nantinya. “Pertama, mahasiswa sebagai seorang pemimpin di masyarakat harus menjadi dan memberi contoh yang baik bagi masyarakat, kedua memiliki akhlak yang baik yang mencirikan mahasiswa muhammadiyah, ketiga menjaga sholatnya dan berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat,” tegasnya.

Wakil Rektor bagian akademik tersebut mengharapkan agar mahasiswa yang mengikuti Program ini dapat menjalankan KKA dengan baik dan lancar. Mahasiswa yang melakukan KKA diharapkan dapat berkolaborasi dengan pengurus-pengurus masjid untuk menyelesaikan, dan mengidentifikasi hambatan-hambatan yang terdapat di daerah, terkhusus pada masjid sebagai bagian dari fokus utama pada program KKA kali ini.

“Mahasiswa sebagai penggerak, agem perubahan, bawalah perubahan positif dimana kaki berpijak,” ujarnya.

Sebelumnya, untuk menunjang kinerja mahasiswa dilapangan nantinya, LPPM UMK selaku penyelenggara kegiatan, telah melaksanakan pembekalan KKA bertempat di Aula gedung baru UMK lantai 4, pembekalan tersebut berlangsung selama dua hari, 14 dan 15 Februari lalu. Program KKA tahun ini dilaksanakan pada 20 Desa di Kecamatan Wawonii Utara, Kabupaten Konkep. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy