128 Mahasiswa UMK KKA di Konkep – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

128 Mahasiswa UMK KKA di Konkep

Wabup Konkep, Andi Muhammad Lutfi (kedua dari kiri) saat menerima mahasiswa KKA UMK secara simbolis dari Wakil Rektor I, Dr. Ahmad Muhlis Nuryadi, disaksikan Ketua LPPKM, Dr. H. Musadar Mapasomba (kanan).

KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) menjadi salah satu daerah tujuan Universitas Muhamadiyah Kendari (UMK) mengutus mahasiswanya menjalani Kuliah Kerja Amaliah (KKA). Kampus yang identik dengan almamater merah maron itu melibatkan 128 mahasiswa dari 13 latar belakang pendidikan untuk mendedikasikan ilmunya di Pulau Wawonii. Wakil Bupati (Wabup) Konkep, Andi Muhammad Lutfi, menerima langsung ratusan mahasiswa semester akhir itu di rumah jabatan (Rujab) Bupati, Jumat (21/2).

Andi Muhammad Lutfi mengatakan, mahasiswa UMK yang menjalani KKA di Pulau Wawonii, bisa mendedikasiakn ilmunya bagi masyarakat agar bisa menjadi amal jariah kedepannya. “Banyak potensi di Konkep ini yang perlu dikembangkan. Kita butuh sentuhan-sentuhan dari akademisi untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Agar Wawonii bisa sejajar dengan daerah-daerah lain di Sultra,” kata Konkep-2 itu, kemarin.

Ia berharap, mahasiswa jangan berbesar hati karena sudah berpendidikan tinggi namun tak memanfaatkan ilmunya. Baik terhadap diri sendiri, orang di sekitar maupun terhadap daerah. “Mahasiswa harus bermanfaat. Sebaik-baiknya manusia dia yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Tunjukan di masyarakat yang dilakukan itu bukan kerja, tapi betul-betul mendedikasikan ilmu untuk amal jariah,” ulangnya.

Di tempat yang sama, Wakil Rektor I UMK, Dr. Ahmad Muhlis Nuryadi, mengatakan, KKA 128 mahasiswa di wilayah itu sebagai salah satu syarat penyelesaian studi strata satu. Kata dia, KKA ke 11 periode Februari lebih sedikit dibanding periode Agustus 2019 lalu. Namuh, jumlah tidak menentukan keberhasilan program. “Ada 13 program studi yang melaksanakan KKA di Pulau Wawonii. Alhamdulillah tahun ini program studi baru di UMK bertambah lima. Kami berharap, dengan bertambahnya program studi, meningkat pula warga Konkep yang melangsungkan pendidikannya di UMK,” katanya. Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPKM) UMK, Dr. Musadar Mapasomba, mengapresiasi Pemkab Konkep yang sudah menerima langsung mahasiswa UMK. Ia mengimbau kepada kaum intelek, untuk mendedikasikan ilmunya semaksimal mungkin. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy