Wuhan Bak Artis Papan Atas, Oleh : Prof. Hanna – Kendari Pos
Kolom

Wuhan Bak Artis Papan Atas, Oleh : Prof. Hanna

Prof Hanna

KENDARIPOS.CO.ID — Wuhan, Ibu Kota Provinsi Hubei, Tiongkok, Cina sedang populer. Kasus virus Corona membuat nama Wuhan menjadi pembicaraan. Sesungguhnya, jauh sebelum virus Corona, Wuhan sejak lama sudah populer, karena Wuhan adalah salah satu kota terkreatif dan kaya di dunia.

Jumlah penduduk Wuhan sekira 9.100.000 jiwa di bagian pusat Tiongkok.Nama Wuhan berasal dari historis kota yang dibentuk konglomerasi Wuchang, Hankou dan Hanyang, yang secara kolektif dikenal sebagai “Tiga Kota Wuhan”. Letaknya di sebelah timur Dataran Jianghan, di pertemuan Sungai Yangtze dan anak sungai terbesarnya, Sungai Han yang dikenal sebagai “Jalan Tol Cina”.

Sejarah mencatat bahwa di Wuhan termasuk pemberontakan Wuchang, yang menyebabkan jatuhnya dinasti Qing dan pembentukan Republik Cina. Wuhan sempat menjadi ibu kota Cina pada tahun 1927 di bawah sayap kiri pemerintah Kuomintang (KMT) yang dipimpin oleh Wang Jingwei. Kota ini kemudian menjadi ibu kota Cina selama sepuluh bulan pada masa Perang Tiongkok-Jepang II tahun 1937.

Saat ini Wuhan dianggap sebagai pusat politik, ekonomi, keuangan, komersial, budaya dan pendidikan di Cina Tengah. Wuhan juga sebagai pusat transportasi utama, dengan lusinan jalur kereta api, jalan, dan jalan bebas hambatan yang melewati kota dan menghubungkan ke kota-kota besar lainnya.

Karena peran utamanya dalam transportasi domestik, Wuhan kadang-kadang disebut sebagai “Chicago Cina” oleh sumber-sumber asing. Begitu hebatnya dibidang transportasi maka Wuhan juga dikenal “Jalur Air Emas” dari Sungai Yangtze dan anak sungai terbesarnya, Sungai Han, melintasi daerah perkotaan dan membagi Wuhan menjadi tiga distrik di Wuchang, Hankou dan Hanyang. Jembatan Sungai Yangtze Wuhan melintasi Yangtze di kota.
Bendungan tiga ngarai menjadi sumber pembangkit listrik terbesar di dunia. Walaupun telah menjadi pusat manufaktur tradisional selama beberapa dekade, Wuhan juga merupakan salah satu daerah yang mempromosikan perubahan industri modern di Tiongkok.

Wuhan adalah rumah bagi beberapa lembaga pendidikan tinggi terkemuka, termasuk Universitas Wuhan, yang menempati peringkat ketiga secara nasional pada tahun 2017, dan Universitas Sains dan Teknologi Huazhong. Begitu hebat dan kreatifnya, pada tahun 2017, Wuhan ditetapkan sebagai kota kreatif oleh UNESCO di bidang desain.

CNBC Indonesia menulis Liburan Tahun Baru Imlek 2020 menjadi suram di daratan Cina akibat virus corona. Korban jiwa terus bertambah hingga awal pekan ini. Virus Corona mulai mewabah di Wuhan, Cina, pada Desember lalu.

Para pejabat negara mengatakan virus corona mungkin berasal dari hewan liar yang dijual di Pasar Makanan Laut Huanan (Huanan Seafood Market) yang terletak di pusat Kota Wuhan. Asal tahu saja, Pasar Makanan Laut Huanan memang menjual berbagai macam makanan unik. Disebut unik karena menjajakan berbagai binatang liar. Mulai dari anak serigala, rubah hidup, buaya, salamander raksasa, ular, tikus, burung merak, landak, daging unta hingga musang.

Binatang liar itu dalam bidang kesehatan yang dikenal sebagai spesies yang kaitan erat dengan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) yang juga pernah menghebohkan pada 2002 sampai 2003 lalu.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy