Waspada Virus Corona! – Kendari Pos
Nasional

Waspada Virus Corona!

KENDARIPOS.CO.ID — Seluruh dunia tengah menyoroti penyebaran wabah penyakit pneumonia berat akibat virus corona. Maka, perlu dilakukan langkah pencegahan dan pengawasan khususnya di pintu gerbang masuknya penumpang internasional seperti bandara dan pelabuhan.

Ilustrasi alat thermal scanner untuk pemeriksaan virus corona

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) akan memperketat pemeriksaan kesehatan penumpang di pelabuhan khususnya di pelabuhan yang melayani kapal-kapal internasional untuk mencegah masuknya virus corona ke Indonesia.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad mengatakan, pihaknya bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan melakukan pengetatan pemeriksaan penumpang di pelabuhan melalui pemasangan thermal scanner. Alat ini dipasang pada area kedatangan internasional untuk mendeteksi peningkatan suhu penumpang.

“Setiap penumpang yang baru tiba utamanya yang berasal dari negara terjangkit seperti Tiongkok dan Hongkong harus melewati thermal scanner untuk mengetahui suhu tubuhnya. Bila tinggi maka petugas akan melakukan pemeriksaan lanjutan,” ujarnya, Kamis (23/1).

Sebagai contoh, kata dia, di Batam. Pelabuhan-pelabuan yang melayani kedatangan internasional telah memasang alat thermal scanner di pintu masuk internasional seperti Pelabuhan Sekupang, Harbour Bay dan pelabuhan lainnya.

Selain itu, Ahmad minta kepada jajarannya di pelabuhan untuk melakukan identifikasi pelayaran dari Tingkok dan Hongkong serta melakukan sosialisasi kepada petugas pelabuhan untuk dapat mengenali secara dini gejala penyakit dan melaporkannya kepada petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan.

“Jika terdapat penumpang yang teridentifikasi memiliki kondisi suhu tubuhnya di atas 38 derajat serta memiliki gejala umum batuk,
demam, sesak napas, dan memiliki riwayat perjalanan dari Tiongkok atau Hongkong, petugas pelabuhan harus langsung berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan setempat untuk selanjutnya penumpang tersebut akan dilakukan penanganan khusus,” tuturnya.

Begitu ada kapal masuk dari Tiongkok, maka seluruh petugas harus mengenakan masker. Terlebih saat memasuki libur Tahun Baru Imlek ini perlu ditingkatkan kewaspadaannya, khususnya terhadap penumpang dan kapal yang datang dari Tiongkok. “Kami juga mengimbau kepada setiap penumpang, khususnya bagi Warga Negara Indonesia yang akan bepergian keluar negeri atau pulang dari luar negeri agar menggunakan alat pelindung diri seperti masker serta senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,” tutupnya.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menegaskan semua pihak untuk tidak menggambar-gemborkan isu hoax penyebaran virus Corona sebelum dipastikan kebenarannya. Sebab, hal tersebut dapat mengganggu aktivitas atau operasional banyak pihak.

Hal ini disampaikan Terawan saat ia mengunjungi kantor perusahaan Tiongkok, Huawei di Gedung BRI 2, Jakarta. “Kita dihebohkan untuk hal-hal tidak penting. Kasihan nanti yang sebetulnya nggak apa-apa. Yang berbahaya itu virus berita yang diviralkan untuk hal-hal yang belum nyata,” ujarnya, Kamis (23/1).

Terawan meminta agar masyarakat tidak perlu cemas terkait kabar burung penyebaran virus Corona. Karena, pemerintah selalu bersiaga dalam mengantisipasi pencegahan virus tersebut masuk ke Indonesia. “Kita ini udah siaga 1, nggak ada tidurnya. Jadi, tenang. Masyarakat tidak usah khawatir,” tuturnya.

Pemberitaan bahwa adanya salah satu pegawai Huawei di gedung BRI 2 Jakarta, kata Terawan dinilai sangat merugikan perusahaan. “Bayangkan kalau bank ini jadi nggak operasional atau gedung ini jadi nggak operasional. Menteri Kesehatan yang akan memberi pernyatan setelah mengecek semua. Tidak boleh membuat pernyataan apapun tanpa bukti. Jangan hanya karena kita melihat sesuatu dari sana (Tiongkok, Red) terus membuat prediksi. Itu menurut saya tidak bagus,” tutupnya. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy