Warga Korban Puting Beliung di Bombana Terima Bantuan Dana, Pemda Siapkan 1,5 Miliar – Kendari Pos
Bombana

Warga Korban Puting Beliung di Bombana Terima Bantuan Dana, Pemda Siapkan 1,5 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Janji Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana terhadap warga korban angin puting beliung akhirnya direalisasikan. Senin 27 Januari, sebanyak 24 warga menerima bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Besaran yang diterima warga bervariasi antara Rp 3,5 juta hingga Rp 5 juta atau tergantung dampak kerusakan.

Kepala BPBD Pemkab Bombana Andi Syarifuddin mengatakan penyaluran bantuan tidak serta merta diberikan namun melalui beberapa tahapan. Langkah pertama, pihaknya telah melakukan pendataan korban bencana. Setelah itu, pihaknya melakukan verifikasi dampak kerusakannya. “Jadi ada tim verifikasinya, dan dilihat dari kerusakan rumahnya akibat bencana. Karena bantuan yang akan diberikan nilainya bervariasi,” ujarnya.

Bantuan yang diserahkan kata dia, dalam bentuk non tunai atau dengan cara ditransferkan ke rekening masing-masing korban bencana. Di mana penyaluran bantuan tersebut bertujuan untuk mestimulasi perbaikan pemukiman warga yang rusak akibat diterpa angin puting beliung beberapa waktu lalu. “Ada yang Rp 5 juta, ada yang Rp 3,5 juta tergantung dari kerusakannya. Karena tidak mungkin sama semua yang kita berikan,” katanya.

Saat ini, masih ada beberapa korban yang belum menyetorkan buku rekeningnya. Namun ia memastikan penyaluran bantuan tersebut akan dituntaskan di bulan Januari 2020 ini. “Supaya dipercepat. Meskipun itu tidak menggugurkan status penerimanya. Tinggal prosesnya saja,” ucapnya. Ke depanya, ia meminta warga Bombana yang terkena musibah bencana alam agar secepatnya dilaporkan ke BPBD sehingga secepatnya dapat ditindaklanjuti. “Supaya cepat diusulkan dan diproses. Setiap tahun ada kami anggarkan itu Rp 1,5 miliar untuk anggaran tanggap bencana yang digunakan bila masyarakat terkena musibah karena bencana,” tutupnya. (c/kmr)

Bencana Puting Beliung
– 24 Warga Korban Terima Bantuan
– Besaran Rp 3,5 Juta hingga Rp 5 Juta
– Penyaluran Bantuan Melalui Transfer ke Rekening Korban
– Penanganan Bencana, BPBD Anggarkan Rp 1,5 Miliar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy